ANALISIS PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN POWERPOINT DAN POWTOON BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PAJAK KELAS XI SMK NEGERI MOJOAGUNG
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perbandingan hasil belajar siswa dalam penggunaan media powerpoint dan media powtoon berbasis model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran administrasi pajak kelas XI Akuntansi di SMKN Mojoagung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Ex Post Facto dengan desain penelitian The Basic Causal Comparative Design. Populasi yang digunakan adalah kelas XI 1-XI 4 SMKN Mojoagung tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 144 siswa. Sampel penelitian dengan teknik simple random sampling dan didapatkan kelas XI AK 1 yang menggunakan powtoon dan XI AK 4 yang menggunakan powerpoint. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Teknik analisis data dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test.Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar pada kelas X1 (powtoon) sebesar 86,774 sedangkan kelas X2 (powerpoint) sebesar 80,968. Hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test menunjukkan taraf signifikansi sebesar 0.027<0.05. Hasil dari thitung>ttabel yaitu 2.267>2.039 pada taraf signifikansi 5% dan df=60 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak artinya bahwa terdapat perbandingan hasil belajar antara kelas yang menggunakan powerpoint dan powtoon.
Kata Kunci: powerpoint, powtoon, Problem Based Learning (PBL), hasil belajar
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 245