Pengaruh Kemandirian dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Dengan Variabel Mediasi Motivasi Belajar

  • Nadia Virany Khusnul Khotimah Universitas Negeri Surabaya
  • Eko Wahjudi Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Independent learning; Motivation learning; Learning outcome; Learning style

Abstract

This study aims to determine the role of the learning motivation variable as a mediation between the influence of independent learning and the influence of learning styles on learning outcomes in Universitas Negeri Surabaya Accounting Education students. This type of research used in this research is a type of quantitative research. The data collection techniques used in this study were questionnaires and documentation. Data processing in this study using SEM analysis techniques. The conclusions obtained based on this research are learning independence can affect learning motivation directly, learning style can affect learning motivation directly, learning outcomes are directly influenced by learning motivation, learning motivation cannot be a variable that mediates learning independence on learning outcomes, learning motivation cannot mediate learning styles on learning outcomes.

References

Almigbal, T. H. (2015). Relationship Between The Learning Style Preferences of Medical Students and Academic Achievement. Saudi Medical Journal, 36(3), 349–355. https://doi.org/10.15537/smj.2015.3.10320

Aristianti, L., & Listiadi, A. (2016). Pengaruh Pemahaman Perpajakan, Intensitas Pemberian Tugas Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Perpajakan Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 4(3).

Assagaf, G. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Regulasi Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri di Kota Ambon. Matematika Dan Pembelajaranya, 2(1), 105–126.

Bakar, R. (2014). The Effect Of Learning Motivation On Student’s Productive Competencies In Vocational High School, West Sumatra. Asian Economic and Social Society, 4(6), 722–732.

Chang, I.-Y., & Chang, W.-Y. (2012). The Effect Of Student Learning Motivation on Learning Satisfaction. International Journal of Organizational Innovation, 4(3), 319–330.

Dedi, R., Hendrayana, A. S., Erisyani, E., & Setiana, N. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar, Gaya Belajar, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa S1 Pgsd Masukan Sarjana Di Upbjj Ut Bandung. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(2), 163. https://doi.org/10.17509/eh.v8i2.5139

DePorter, B., & Hernacki, M. (2008). Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Penerbit Kaifa.

Dewy, D. V. (2018). Pengaruh Pekerjaan Orang Tua, Faislitas Belajar dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matakuliah Pedagogik Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6.

Ervina, L., & Rohayati, S. (2013). Pengaruh Pemahaman Perpajakan, Intensitas Pemberian Tugas dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Perpajakan Pada Mahasiswa Penddikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 04, 1–6.

Ghaedi, Z., & Jam, B. (2014). Relationship between learning styles and motivation for higher education in EFL students. Theory and Practice in Language Studies, 4(6), 1232–1237. https://doi.org/10.4304/tpls.4.6.1232-1237

Gunawan, Kustiani, L., & Hariani, L. S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 12(1), 14–22.

Jazari, H. R. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMAN. Jurnal FKIP Untan, (X), 1–11.

Kartina, Muchtar, R., & Taiyeb, M. (2018). Hubungan antara Gaya Belajar , Motivasi dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMP. Pembelajaran Biologi, 7, 45–48.

Maheni, N. P. K. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 85. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20077

Mudjiman, H. (2006). Belajar Mandiri. Pustaka Belajar.

Mujiani, & Rohayati, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Akuntansi, Intensitas Praktikum Akuntansi Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Dagang Kelas Xi Di Smk Negeri 10 Surabaya. Pendidikan Akuntansi, 6(20), 9.

Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, Vol. 4,(1), No. 01.

Pamungkas, C. T., & Mahmud, A. (2017). Pengaruh Gaya Belajar dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 517–529.

Prabasari, B., & Subowo. (2017). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intevening. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 549–558.

Ranti, M. G., Budiarti, I., & Trisna, B. N. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar (Self Regulated Learning) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Math Didactic, 3(1), 75–83. https://doi.org/10.33654/math.v3i1.57

Riyanti, F., & Rustina, A. (2018). Pengaruh Gaya Belajar, Kesiapan Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Terhadap Keaktifan Belajar. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 1083–1099.

Rohmah, W., & Rahmawati. (2012). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Persepsi Tentang Kompetensi Keguruan Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Progdi Pendidikan Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 22(1), 29–40.

Romadhoni, E., Wiharna, O., & Mubarak, I. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 228–234. https://doi.org/10.17509/jmee.v6i2.21799

Santoso, T., & Utomo, D. P. (2020). Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 306–315. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2722

Santrock, & John. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Setiaji, K., Muktiningsih, S., & Farliana, N. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Diintervening Motivasi Belajar E-learning Ekonomi. JEKPEND (Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan), 4, 56–63. https://doi.org/10.26858/jekpend.

Setiawan, A., Abdullah, R., Apdeni, R., & Sari, N. M. (2017). Konribusi Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Analisis Matematika Jurusan Teknik Sipil FT-UNP. Journal of Civil Engineering and Vocational Education, 5(2), 2201–2205.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, L., Pendy, A., & Seto, S. (2020). Pengaruh Efikasi Diri Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Geometri Dasar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 17–26. https://doi.org/10.26877/aks.v11i1.6010

Suyono, A. (2018). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMA N 3 Tapung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi, 6(1), 1–10. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/1858

Triansari, N., & Widayati, A. (2019). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya, Kinerja Mengajar Guru, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Motivasi Belajar Dasar-Dasar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(2), 101–116. https://doi.org/10.21831/jpai.v17i2.28697

Uno, H. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wardhani, I. S., Hanik, U., & Wulandari, R. (2017). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Universitas Trunojoyo. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 2(1), 42. https://doi.org/10.29100/jp2m.v2i1.215

Widowati, & Desy, N. (2013). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua, Motivasi Belajar, Kedewasaan dan Kedisiplinan Siswa dengan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI SMA Negeri Sidoharjo Wonogiri. Jurnal Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Wulandari, D. (2017). Pengaruh Hasil Belajar Matematika Ekonomi, Pemahaman Pengantar Akuntansi dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan Menengah 1 pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Universitas Negeri Surabaya, 1–7. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id

Zydziunaite, V., Tereseviciene, M., & Gedviliene, G. (2015). The Structure Of Independent Learning In Higher Education : Student’s Attitude. Society Integration Education, 1(April 2017). https://doi.org/10.17770/sie2014vol1.774

Published
2021-07-31
How to Cite
Khotimah, N., & Wahjudi, E. (2021). Pengaruh Kemandirian dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Dengan Variabel Mediasi Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(2), 280-291. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n2.p280-291
Section
Article
Abstract Views: 699
PDF Downloads: 561