PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PAJAK KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 SURABAYA

  • RIDA ANNISA RAMADHANI
  • EKO WAHJUDI

Abstract

Berdasarkan hasil diskusi yang sudah dilakukan peneliti dengan guru pengampu administrasi pajak diperoleh hasil belajar pajak masih tergolong rendah. Hal ini terbukti melalui dokumentasi nilai yang menunjukkan bahwa terdapat 37% atau lebih dari 12 orang peserta didik memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yakni 75. Masalah ini muncul karena guru belum melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan sintak model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD), yakni pada tahap pembagian kelompok secara heterogen serta pemberian kuis individual. Dengan tidak optimalnya pelaksanaan pembelajaran tersebut. Maka peneliti ingin melakukan penelitian kembali dengan penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) sesuai sintaknya. Hasil penelitian terbukti melalui hasil observasi pelaksanaan pembelajaran materi PPh Pasal 21 mendapatkan prosentase sebesar 77% di siklus I dan 90% di siklus II, hasil belajar siswa mendapat presentase sebesar 71% di siklus I dan meningkat sebesar 86% di siklus II serta respon siswa mendapat respon baik di siklus I sebesar 73,43% dan siklus II sebesar 83,33%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran administrasi pajak dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Student Teams Achievement Division (STAD), Hasil Belajar.

Published
2019-12-10
How to Cite
ANNISA RAMADHANI, R., & WAHJUDI, E. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PAJAK KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/31154
Section
Article
Abstract Views: 288
PDF Downloads: 256