PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PAJAK KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 SURABAYA
Abstract
Berdasarkan hasil diskusi yang sudah dilakukan peneliti dengan guru pengampu administrasi pajak diperoleh hasil belajar pajak masih tergolong rendah. Hal ini terbukti melalui dokumentasi nilai yang menunjukkan bahwa terdapat 37% atau lebih dari 12 orang peserta didik memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yakni 75. Masalah ini muncul karena guru belum melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan sintak model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD), yakni pada tahap pembagian kelompok secara heterogen serta pemberian kuis individual. Dengan tidak optimalnya pelaksanaan pembelajaran tersebut. Maka peneliti ingin melakukan penelitian kembali dengan penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) sesuai sintaknya. Hasil penelitian terbukti melalui hasil observasi pelaksanaan pembelajaran materi PPh Pasal 21 mendapatkan prosentase sebesar 77% di siklus I dan 90% di siklus II, hasil belajar siswa mendapat presentase sebesar 71% di siklus I dan meningkat sebesar 86% di siklus II serta respon siswa mendapat respon baik di siklus I sebesar 73,43% dan siklus II sebesar 83,33%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran administrasi pajak dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Student Teams Achievement Division (STAD), Hasil Belajar.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 256