Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Menggunakan Cartoon Character Pada Materi Transaksi Perusahaan Manufaktur Kelas X AKL SMK Negeri 2 Buduran
Abstract
Teknologi sudah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia modern saat ini. Didalam dunia pendidikan teknologi dapat dimanfaatkan secara dalam proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran dan materi yang diajarkan akan dapat membantu siswa memaksimalkan pemahaman terhadap materi pelajaran.
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mencipatkan video pembelajaran yang berbeda dengan video pembelajaran yang sudah dibuat sebelumnya dengan menambahkan sesuatu yang berbeda yaitu menggunakan karakter kartun dan tampilan media sosial Instagram.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan dari ADDIE modifikasi dari Branch. Instrumen penilaian kelayakan yang digunakan berupa lembar telaah ahli media dan materi, lembar validasi ahli media dan materi serta angket respon peserta didik. Data yang didapat akan diolah dan analisis menggunakan teknik prosentase secara deskriptif.
Hasil penilaian validasi dari para ahli materi mendapat rata-rata nilai 85,5% dan ahli media memberikan rata-rata nilai 89,47% dengan keduanya mendapat kriteria sangat layak. Hasil uji coba dari peserta didik memperoleh rata-rata nilai 90,28% dan memperoleh kriteria sangat memahami. Secara keseluruhan media pembelajaran mendapat rata-rata nilai sebesar 88,42% sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan mendapat kriteria sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran alternatif di sekolah.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 200