Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Menggunakan Cartoon Character Pada Materi Transaksi Perusahaan Manufaktur Kelas X AKL SMK Negeri 2 Buduran

  • AINUN FATKHURROHMAN
  • JONI SUSILOWIBOWO

Abstract

Teknologi sudah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia modern saat ini. Didalam dunia pendidikan teknologi dapat dimanfaatkan secara dalam proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran dan materi yang diajarkan akan dapat membantu siswa memaksimalkan pemahaman terhadap materi pelajaran.

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mencipatkan video pembelajaran yang berbeda dengan video pembelajaran yang sudah dibuat sebelumnya dengan menambahkan sesuatu yang berbeda yaitu menggunakan karakter kartun dan tampilan media sosial Instagram.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan dari ADDIE modifikasi dari Branch. Instrumen penilaian kelayakan yang digunakan berupa lembar telaah ahli media dan materi, lembar validasi ahli media dan materi serta angket respon peserta didik. Data yang didapat akan diolah dan analisis menggunakan teknik prosentase secara deskriptif.

Hasil penilaian validasi dari para ahli materi mendapat rata-rata nilai 85,5% dan ahli media memberikan rata-rata nilai 89,47% dengan keduanya mendapat kriteria sangat layak. Hasil uji coba dari peserta didik memperoleh rata-rata nilai 90,28% dan memperoleh kriteria sangat memahami. Secara keseluruhan media pembelajaran mendapat rata-rata nilai sebesar 88,42% sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan mendapat kriteria sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran alternatif di sekolah.

Published
2019-07-29
How to Cite
FATKHURROHMAN, A., & SUSILOWIBOWO, J. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Menggunakan Cartoon Character Pada Materi Transaksi Perusahaan Manufaktur Kelas X AKL SMK Negeri 2 Buduran. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/29772
Section
Article
Abstract Views: 89
PDF Downloads: 200