Pengaruh Pengantar Akuntansi, Kosakata Bahasa Inggris, Locus of Control, dan Fasilitas Laboratorium Komputer terhadap Hasil Belajar Aplikasi Komputer pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 10 Surabaya

  • NI KADEK AYU WEDHAYANTI S
  • AGUNG LISTIADI

Abstract

Pembelajaran aplikasi komputer tidak hanya terpaut pada pemahaman materi akuntansi saja tetapi juga dipengaruhi hal-hal lain yang bisa menjadi faktor peningkatan hasil belajar aplikasi komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Pengantar Akuntansi, Kosa Kata Bahasa Inggris, Locus of Control, dan fasilitas laboratorium komputer terhadap hasil belajar aplikasi komputer pada siswa kelas XI Auntansi SMK Negeri 10 Surabaya. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI kompetensi ahli akuntansi SMK Negeri 10 Surabaya yang berjumlah 103 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dimana dari ketiga kelas XI Akuntansi didapatkan jumlah sampel sebanyak 82 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 17.0. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan hasil yaitu: (1) Pengantar Akuntansi, Kosa Kata Bahasa Inggris, Locus of Control, dan Fasilitas Laboratorium Komputer secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan Terhadap Hasil Belajar Aplikasi Komputer Pada Siswa Kelas XI Akuntasi SMK Negeri 10 Surabaya (2) Pengantar Akuntansi mempunyai pengaruh yang signifikan Terhadap Hasil Belajar Aplikasi Komputer Pada Siswa Kelas XI Akuntasi SMK Negeri 10 Surabaya (3) Kosa Kata Bahasa Inggris mempunyai pengaruh yang cukup signifikan Terhadap hasil belajar Aplikasi Komputer Pada Siswa Kelas XI Akuntasi SMK Negeri 10 Surabaya. (4) Locus of Control mempunyai pengaruh yang signifikan Terhadap Hasil Belajar Aplikasi Komputer Pada Siswa Kelas XI Akuntasi SMK Negeri 10 Surabaya. (5) Fasilitas Laboratorium Komputer mempunyai pengaruh yang tidak signifikan Terhadap Hasil Belajar Aplikasi Komputer Pada Siswa Kelas XI Akuntasi SMK Negeri 10 Surabaya

Published
2019-07-29
How to Cite
KADEK AYU WEDHAYANTI S, N., & LISTIADI, A. (2019). Pengaruh Pengantar Akuntansi, Kosakata Bahasa Inggris, Locus of Control, dan Fasilitas Laboratorium Komputer terhadap Hasil Belajar Aplikasi Komputer pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/29778
Section
Article
Abstract Views: 205
PDF Downloads: 219