PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) SEBAGAI PENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATERI HARGA POKOK PESANAN (HPP) PERUSAHAAN MANUFAKTUR KELAS XII SMK NEGERI MOJOAGUNG

  • NUR SYAHIDAH
  • JONI SUSILOWIBOWO

Abstract

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan produk Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) sebagai pendukung implementasi kurikulum 2013 pada materi harga pokok pesanan (HPP) perusahaan manufaktur, untuk mengetahui tingkat kelayakan serta respon siswa terdapat bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan berdasarkan Thiagarajan yaitu 4-D. Dalam tahap penelitian ini hanya menggunakan tiga tahapan yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan, pada tahapan yang ke empat yaitu penyebaran tidak digunakan karena keterbatasan waktu dan biaya. Penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran berdasarkan komponen kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa dan kelayakan kegrafikan. Berdasarkan validasi para ahli dari seluruh komponen-komponen rata-rata presentase sebesar 85%. Sedangkan berdasarkan uji coba terbatas menunjukkan bahwa LKPD menurut respon siswa sangat memahami dengan presentase 83,3%.

Kata Kunci: LKPD, Kurikulum 2013, Perusahaan Manufaktur

 

Abstract

The purpose of this study was to obtain on student activity sheet product (LKPD) as a supporting of the implementation of the 2013 curriculum on subject matter price (HPP) of manufacturing companies, to determine the level of eligibility and student responses there were teaching materials developed. This development research uses a development model based on Thiagarajan which is 4-D. In this research phase only uses three stages namely defining, designing, and developing, at the fourth stage namely deployment is not used because of time and cost constraints. This research shows that the developed LKPD is very feasible to be used in the learning process based on the component of content eligibility, presentation feasibility, language feasibility and garphic worthiness. Based on the validation of the experts from all the components an average percentage of 85%. While based on limited trials, it is shown that LKPD according to the students response is very undersanding with a percentage of 83,3%.

Keywords: LKPD,curriculum 2013, manufacturing companies.

 

 

Published
2019-11-20
How to Cite
SYAHIDAH, N., & SUSILOWIBOWO, J. (2019). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) SEBAGAI PENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATERI HARGA POKOK PESANAN (HPP) PERUSAHAAN MANUFAKTUR KELAS XII SMK NEGERI MOJOAGUNG. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/30927
Section
Article
Abstract Views: 106
PDF Downloads: 74