PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PRAKTIKUM AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 4 SURABAYA

  • LILIS WIDAYANTI
  • JONI SUSILOWIBOWO

Abstract

Kurikulum merupakan pijakan utama pendidikan di Indonesia. Kurikulum digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Suatu kurikulum yang diterapkan pada tahun ajaran tertentu tidak akan berlaku secara terus menerus, namun kurikulum akan mengalami pengembangan dan penyempurnaan. Kurikulum yang berlaku saat ini adalah kurikulum 2013. Dalam Kurikulum 2013, kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan mengimplementasikan pendekatan saintifik atau dikenal dengan pendekatan ilmiah yang diharapkan dapat membentuk manusia yang lebih baik, memiliki kecakapan, pengetahuan, dan keterampilan yang lebih baik sehingga sangat mendukung untuk perkembangan peserta didik mengenai pembelajaran yang dapat dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari berdasarkan kompetensi tertentu.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Thiagarajan dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu : Tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (desseminate). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 4 Surabaya sedangkan obyek penelitian ini adalah pengembangan LKPD berbasis pendekatan saintifik. Kelayakan atas LKPD yang dikembangkan ditelaah dan divalidasi oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli grafis menggunakan kriteria kelayakan dari BSNP.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan hasil akhir rata-rata kelayakan LKPD oleh para ahli sebesar 87% dengan kategori Sangat Layak. Komponen kelayakan isi menunjukkan hasil sebesar 87,85% dengan kriteria sangat layak, komponen kelayakan penyajian menunjukkan hasil sebesar 83,68% dengan kriteria sangat layak, komponen kebahasaan menunjukkan hasil sebesar 80% dengan kriteria layak, dan komponen kelayakan kegrafisan menunjukkan hasil sebesar 96,59% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji coba produk juga menunjukkan bahwa LKPD dapat menarik minat peserta didik untuk belajar, ditunjukkan dengan hasil prosentase sebesar 95,5% dengan kriteria sangat memahami.

Kata kunci : Praktikum Akuntansi Perusahaan Dagang, Bahan Ajar, Lembar Kegiatan Peserta Didik, Pendekatan Saintifk








Published
2019-12-10
How to Cite
WIDAYANTI, L., & SUSILOWIBOWO, J. (2019). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PRAKTIKUM AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 4 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/31145
Section
Article
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 52