PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM RECIPROCAL TEACHING DAN BRAINSTORMING DI SMK NEGERI 4 SURABAYA

  • Septyani Pratiwi
  • Eko Wahjudi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)  perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching, (2) perbedaan hasil belajar siswa model pembelajaran reciprocal teaching dan model pembelajaran brainstorming  pada materi pencatatan kas kecil perusahaan jasa/dagang di kelas X Akuntansi SMK Negeri 4 Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis desain eksperimen murni (true experiment design). Model eksperimen yang digunakan adalah pretest-posttest control group design dengan satu macam perlakuan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMKN 4 Surabaya dimana kelas X.Ak1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.Ak3 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  (1)  ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching, (2)  ada perbedaan hasil belajar siswa model pembelajaran reciprocal teaching dan model pembelajaran brainstorming  pada materi pencatatan kas kecil perusahaan jasa/dagang di kelas X Akuntansi SMK Negeri 4 Surabaya. Hasil belajar siswa pada penerapan model Pembelajaran reciprocal Teaching lebih baik daripada hasil belajar siswa pada model pembelajaran Brainstorming.

Kata kunci: Model pembelajaran reciprocal teaching dan Hasil Belajar

How to Cite
Pratiwi, S., & Wahjudi, E. (1). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM RECIPROCAL TEACHING DAN BRAINSTORMING DI SMK NEGERI 4 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/32731
Section
Article
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 50