PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM RECIPROCAL TEACHING DAN BRAINSTORMING DI SMK NEGERI 4 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching, (2) perbedaan hasil belajar siswa model pembelajaran reciprocal teaching dan model pembelajaran brainstorming pada materi pencatatan kas kecil perusahaan jasa/dagang di kelas X Akuntansi SMK Negeri 4 Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis desain eksperimen murni (true experiment design). Model eksperimen yang digunakan adalah pretest-posttest control group design dengan satu macam perlakuan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMKN 4 Surabaya dimana kelas X.Ak1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.Ak3 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching, (2) ada perbedaan hasil belajar siswa model pembelajaran reciprocal teaching dan model pembelajaran brainstorming pada materi pencatatan kas kecil perusahaan jasa/dagang di kelas X Akuntansi SMK Negeri 4 Surabaya. Hasil belajar siswa pada penerapan model Pembelajaran reciprocal Teaching lebih baik daripada hasil belajar siswa pada model pembelajaran Brainstorming.
Kata kunci: Model pembelajaran reciprocal teaching dan Hasil Belajar
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 50