PEMBELAJARAN TARI JARANAN SENTHEREWE UNTUK ANAK-ANAK DENGAN METODE NYACAH DI SANGGAR SENI PRANA KESUMA AJI TULUNGAGUNG

  • Delonix Regiagita Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Pembelajaran Tari Anak-Anak, Metode Nyacah, Jaranan Sentherewe

Abstract

Penelitian ini mengenai pembelajaran tari Jaranan Sentherewe untuk anak-anak di sanggar seni Prana Kesuma Aji yang menerapkan metode pembelajaran menarik, yaitu metode “nyacah”, metode demonstrasi dan imitasi. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dan dampak pembelajaran Jaranan Sentherewe untuk anak-anak dengan metode “nyacah” di sanggar seni Prana Kesuma Aji. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan teknik reduksi, penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa 1) Metode “nyacah” sesuai dengan metode SAS yang lebih memperhatikan pemecahan ragam pada gerak tari. Namun tentu dengan langkah-langkah yang berbeda. Pelaksanaan pembelajaran Jaranan Sentherewe untuk anak-anak dibagi menjadi tiga tahapan. Salah satu tahapan yaitu tahap inti yang terbagi menjadi dua kegiatan. Pada tahap inti inilah terdapat metode demonstrasi, imitasi dan metode “nyacah”. Dalam proses pembelajaran, metode “nyacah” dapat membantu siswa untuk memahami dan mendalami setiap materi tari Jaranan Sentherewe. 2) Terdapat dua dampak yang muncul dalam pembelajaran dengan metode “nyacah”, yaitu dampak positif yang merupakan proses peningkatan hasil pembelajaran tari dan bermanfaat untuk pelatih dan siswa dalam mencapai tujuan. Dan dampak negatif atau kelemahan yang dapat digunakan sebagai masukan agar pembelajaran dengan metode “nyacah” lebih baik ke depannya.

References

Darwis, D. 2013. Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al Hijrah 2 Deli Serdang. Diss. Pascasarjana UIN Sumatera Utara.
Hurlock, E.B. 1997. Psikologi Perkembangan, suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Alih Bahasa: Istiwidayanti, Soedjarwo, Sijabat, R.M. Jakarta: Erlangga.
Mahardika, Alif Bayu. 2021. Sejarah Perkembangan Kesenian Jaranan di Tulungagung Pada Tahun 1995 Hingga 2020 M. Tulungagung: Akademia Pustaka.
Moeloeng, L. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif: Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Prastowo, Andi. 2012. Metode Penelitian Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-ruzzmedia.
Salama, S. 2014. Hubungan Tipe Kepribadian Big Five Dengan Kepercayaan Diri Berbicara di Depan Umum Mahasiswa Semester IV Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Shandy, Helmi D.A. dan Novi Trilisiana. 2020. Implementasi Metode Sariswara Ki Hadjar Dewantara Dalam Membangun Kemerdekaan Jiwa Individu Anak. Epistema 1.1
Siswono, Tatag Yuli Eko. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press
Suryanto, Adi. 2007. Konsep Dasar Penilaian dalam Pembelajaran. PDGK430/Modul.
Dewa Ketut. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran SAS Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menari Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Smadara Vol. 8 (Online), (http://smadara.sch.id/content/penerapan-metode-pembelajaran-sas-untuk-meningkatkan-keterampilan-menari-siswa, diakses pada 07 Desember 2021)
Innata, Tesa Yesi. 2014. Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Imitasi Dan Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Praktik Tari Siswa Kelas VIII SMP N 1 Kartasura. Skripsi (Online), (PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN IMITASI DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK TARI SISWA KELAS VIII SMP N 1 KARTASURA - Lumbung Pustaka UNY, diakses 10 Desember 2021)
Irmawati, Tri. 2021. Pembelajaran Tari Srikandi Yudha di Sanggar SAKATA Kota Bandung. Skripsi (Online), (http://repository.upi.edu/66385/, diakses 16 November 2021)
Maulinda, Fika dan Bambang Sugito. 2018. Pembelajaran Seni Tari Di Sanggar Tari Kapencot Ateh Kabupaten Pamekasan. Jurnal Pendidikan Sendratasik Vol. 7 No. 1 (Online), (https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/29212 diakses pada 18 Mei 2022)
Setiyowati, Mulyo. 2015. Metode SAS (Struktur, Analitis, dan Sintesis) Dalam Pembelajaran Seni Tari Di Kelas Terampil Sanggar Darmo Yuwono Purwokerto. Skripsi (Online), (https://123dok.com/document/4zp18j4z-struktur-analitis-sintesis-pembelajaran-terampil-sanggar-yuwono-purwokerto.html , diakses pada 05 Desember 2021)
Wardani Juse A, Hanief M, Sulistiono M. 2021. Inovasi Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemik Covid-19 Menggunakan Google Form di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Kota Batu. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol. 3 (Online), (http://riset.unisma.ac.id/index.php/JPMI/article/view/11680, diakses pada 15 Mei 2022)
Published
2022-07-06
How to Cite
Regiagita, D. (2022). PEMBELAJARAN TARI JARANAN SENTHEREWE UNTUK ANAK-ANAK DENGAN METODE NYACAH DI SANGGAR SENI PRANA KESUMA AJI TULUNGAGUNG. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(1), 105-123. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/46437
Section
Articles
Abstract Views: 284
PDF Downloads: 343