Efektivitas E-LKPD Berbasis Guided Discovery untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan

Authors

  • Irakiya Ainun Uzma Universitas Negeri Surabaya
  • Yuni Sri Rahayu Univeritas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n1.p140-148

Keywords:

Efektivitas, E-LKPD, Guided discovery, Keterampilan berpikir kritis, Materi pertumbuhan dan perkembangan

Abstract

Perkembangan pesat di era ke-21 menuntut perubahan signifikan dalam sektor pendidikan, terutama dalam mengembangkan keterampilan abad ke-21 seperti berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, kreativitas, serta inovasi. Hal ini sejalan dengan kurikulum merdeka yang didalamnya memuat Profil Pelajar Pancasila yakni pada aspek berpikir kritis. Media pembelajaran yang efektif seperti Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) perlu dikembangkan, yang dimana akan diintegrasikan dengan indikator keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan efektivitas LKPD elektronik (E-LKPD) berbasis guided discovery untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada materi pertumbuhan dan perkembangan yang efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Keefektifan E-LKPD diperoleh dari data hasil belajar peserta didik yaitu dengan melakukan pre-test dan post-test, serta data respons peserta didik. Penelitian ini diujicobakan kepada kelas XII SMA Labschool Unesa 1 Surabaya yang berisi 20 peserta didik. Penelitian pengembangan E-LKPD ini menghasilkan persentase keefektifan diantaranya yaitu ketuntasan tes keterampilan berpikir kritis dengan hasil N-gain mencapai 0,87 (kategori tinggi) dan mendapat respons positif peserta didik sebesar 99,12%. Berdasarkan hasil uji efektivitas E-LKPD, dapat dinyatakan bahwa E-LKPD berbasis guided discovery pada materi pertumbuhan dan perkembangan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis efektif untuk diimplementasikan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisya, N., Corebima, A. D., & Mahanal, S. 2017. Hubungan Antara Pretest dengan Posttest Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi Kelas X Melalui Model Pembelajaran RQA Dipadu CPS di Kota Malang. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (pp. 172-177).

Azizah, M., Sulistianto, J., Cintang, N. 2018. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan. 35(1): 61-70.

Cahyaningrum, D. R., Nurjayadi, M., & Rahman, A. 2017. Pengembangan E-Module Kimia Berbasis POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) pada Materi Reaksi Reduksi-Oksidasi Sebagai Sumber Belajar Peserta didik. Artikel Riset Pendidikan Kimia. 7(1): 59–65.

Cahyaningrum, D. R., Nurjayadi, M., & Rahman, A. 2017. Pengembangan E-Module Kimia Berbasis POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) pada Materi Reaksi Reduksi-Oksidasi Sebagai Sumber Belajar Peserta didik. Artikel Riset Pendidikan Kimia. 7(1): 59–65.

Ega, W., Ratnasari, E. 2021. Profil Dan Kelayakan Teoretis LKPD “Sistem Pencernaan” Berbasis Problem Based Learning Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. BioEdu, 10(2):403–411.

Febriansyah, F., Herlina, K., Nyeneng, I. D. P., & Abdurrahman, A. 2021. Developing Electronic Student Worksheet (E-Worksheet) Based Project Using Flip html5 to Stimulate Science Process Skills During the Covid-19 Pandemic. Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 2(1), 59-73

Fitriasari, D. 2021. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik- Elektronik (E-LKPD) Berbasis Guided Discovery Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi Pada Materi Fotosintesis Kelas XII SMA. Jurnal BioEdu. Vol 10 (3).

Hake, R.R. 1999. Analyzing Change / Gain Scores. American Education Research Association’s Division D’Measurement and Research Methodology

Haryanto, Asrial, Ernawati, D.W., Syahri, W., & Sanova, A. 2019. E-worksheet Using Kvisoft Flipbook: Science Process Skills and Student Attitudes. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(12), 1073-1079.

Hasanah, I., & Wisanti, W. (2023). Pengembangan E-LKPD Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Berbasis Guided Discovery untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 12(3), 707-718.

Laili, Nur., & Yuliani. 2019. Keefektifan Kartu Permainan TGT (Team Game Tournament) untuk Melatih Keterampilan Bertanya Siswa pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan. BioEdu, 8 (1), 23-29.

Octavia, S. A. 2020. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Grup Penelitian CV Budi Utama.

Onikarini, N.L.Y., Suardana,I.N., & Selamet, K. 2019. Komparasi Model Pembelajaran Guided dan Free Discovery terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 2 (2), 80–91.

Putri, T. E. 2018. Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Peserta Didik pada Sub Materi Aplikasi Tekanan pada Makhluk Hidup. Pensa-ejournal, 6 (2), 78-83.

Rachman, Abd, F., Ahsanunnisa, R., & Nawawi, E. 2017. “Pengembangan LKPD Berbasis Berpikir Kritis Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Pada Mata Pelajaran Kimia Di SMA”. Alkimia. 1(1) : 16–25.

Rahayu, E. P.,Isnawati. 2019. Validity Of Textbook Guided-Inquiry Based On Growth and Development Material To Train Critical Thinking Skills. BioEdu (Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi), 8(2), 270–276.

Rahayu, E., & Isnawati, I. 2019. Validitas Buku Ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. BioEdu, 8(2).

Riyanto, Susantini, E., & Rahayu, Y.,S. 2017. “Pengembangan perangkat Pembelajaran Biologi Materi Enzim berbasis Metode Guided Discovery Learning untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis”. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains. Vol.3 No.1 :269–273.

Rosidi, Irsyad. 2016. “Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berorientasi Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery Learning) untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains”. Jurnal Pena Sains Vol.3 No.1. h.50-60.

Ruci, G. W., Purnomo, T. 2020. Pengembangan LKS Berbasis Problem Solving Pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemampuan Argumentasi Tertulis Siswa Kelas X SMA. Bioedu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(1), 65–72.

Sucipta, Ahman, E., & Budiwati, N. 2018. “Metode Guided Discovery Learning terhadap Tingkat Berpikir Kritis Siswa Dilihat dari Motivasi Belajar”. Indonesian Journal of Economics Education, Vol.1 No.1 .h.2.

Wijaya, J. E., & Vidianti, A. 2020. The Effectiveness of Using Interactive Electronic Modules on Student Learning Outcomes in Education Innovation Course. In International Conference on Progressive Education (ICOPE 2019) (pp. 86-89). Atlantis Press.

Yerizon, Putra, A. A., & Subhan, M. 2018. Mathematics Learning Instructional Development based on Discovery Learning for Students with Intrapersonal and Interpersonal Intelligence (Preliminary Research Stage). International Electronic Journal of Mathematics Education, 13(3), 97- 101

Downloads

Published

2025-01-20

Issue

Section

Articles
Abstract views: 239 , PDF Downloads: 150

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

<< < 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.