Hubungan antara Konsep Diri dengan Kecenderungan Cinderella Complex pada Wanita Dewasa Awal
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v11n2.p1136-1150Keywords:
konsep diri, cinderella complex, wanita dewasa awalAbstract
Salah satu tugas perkembangan pada masa dewasa awal adalah mencapai kemandirian, namun pada masa ini masih ditemukan adanya ketergantungan. Ketergantungan tersebut dapat mengarah pada kecenderungan cinderella complex. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan kecenderungan cinderella complex pada wanita dewasa awal. Penelitian ini dilakukan pada wanita yang berusia 18-40 tahun di Desa X Provinsi Jawa Timur dengan sampel 266 wanita dewasa awal. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi pearson dengan bantuan SPSS 26.0 for windows. Hasil penelitian mengungkapkan ada hubungan antara konsep diri dengan kecenderungan cinderella complex. Nilai koefisien korelasi sebesar -0,431 dengan signifikansi 0,000 yang berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan tidak searah. Artinya semakin tinggi konsep diri, maka semakin rendah kecenderungan cinderella complex pada wanita dewasa awal, begitupun sebaliknya.
Kata kunci : Konsep Diri, Cinderella Complex, Wanita Dewasa Awal
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.