Hubungan antara Celebrity Worship dengan Perilaku Konsumtif pada Komunitas Fans JKT48 Zeemotion
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v11i1.61511Keywords:
Celebrity worship, JKT48, perilaku konsumtifAbstract
Kemudahan memperoleh informasi membentuk masyarakat yang berperilaku konsumtif, termasuk Fans JKT48. Perilaku konsumtif pada Fans JKT48 disebabkan oleh kecintaan mereka terhadap idolanya. Kecintaan tersebut adalah bentuk dari celebrity worship yang dimiliki Fans JKT48. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui terkait hubungan celebrity worship dengan perilaku konsumtif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan analisis korelasional. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik convenience sampling, dengan kriteria fans JKT48 yang menyukai Zee JKT48, bergabung dalam komunitas Zeemotion, pernah beberapa kali membeli produk JKT48 yang sama secara berulang, dan pernah beberapa kali mengikuti event JKT48. Subjek penelitian ini berjumlah 181 anggota komunitas. Analisis data menggunakan korelasi pearson product moment dengan bantuan software SPSS 26 for windows, yang memperoleh hasil adanya hubungan yang positif dan signifikan antara celebrity worship dengan perilaku konsumtif dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05). Diperoleh juga nilai koefisien korelasi senilai 0,665 yang mana hasil tersebut termasuk pada kategori kuat dan searah. Penelitian ini memperoleh hasil adanya hubungan yang positif dan signifikan antara celebrity worship dengan perilaku konsumtif.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

