Hubungan antara Celebrity Worship dengan Perilaku Konsumtif pada Komunitas Fans JKT48 Zeemotion

Authors

  • Raihan Daffa Rabbani Universitas Negeri Surabaya
  • Meita Santi Budiani Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/cjpp.v11i1.61511

Keywords:

Celebrity worship, JKT48, perilaku konsumtif

Abstract

Kemudahan memperoleh informasi membentuk masyarakat yang berperilaku konsumtif, termasuk Fans JKT48. Perilaku konsumtif pada Fans JKT48 disebabkan oleh kecintaan mereka terhadap idolanya. Kecintaan tersebut adalah bentuk dari celebrity worship yang dimiliki Fans JKT48. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui terkait hubungan celebrity worship dengan perilaku konsumtif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan analisis korelasional. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik convenience sampling, dengan kriteria fans JKT48 yang menyukai Zee JKT48, bergabung dalam komunitas Zeemotion, pernah beberapa kali membeli produk JKT48 yang sama secara berulang, dan pernah beberapa kali mengikuti event JKT48. Subjek penelitian ini berjumlah 181 anggota komunitas. Analisis data menggunakan korelasi pearson product moment dengan bantuan software SPSS 26 for windows, yang memperoleh hasil adanya hubungan yang positif dan signifikan antara celebrity worship dengan perilaku konsumtif dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05). Diperoleh juga nilai koefisien korelasi senilai 0,665 yang mana hasil tersebut termasuk pada kategori kuat dan searah. Penelitian ini memperoleh hasil adanya hubungan yang positif dan signifikan antara celebrity worship dengan perilaku konsumtif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-07

How to Cite

Rabbani, R. D., & Budiani, M. S. (2024). Hubungan antara Celebrity Worship dengan Perilaku Konsumtif pada Komunitas Fans JKT48 Zeemotion. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 11(1), 428–439. https://doi.org/10.26740/cjpp.v11i1.61511
Abstract views: 285 , PDF Downloads: 231

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.