Konflik Kerja-Keluarga pada Guru Perempuan yang Sudah Berkeluarga di PAUD Inklusi

Authors

  • Fayakun Sholichah Universitas Negeri Surabaya
  • Arfin Nurma Halida Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/cjpp.v12n01.p347-359

Keywords:

Konflik kerja-keluarga, guru perempuan

Abstract

Guru pada sekolah inklusi memiliki tantangan tersendiri dalam mengemban perannya di sekolah. Adanya murid dengan berbagai jenis kebutuhan khusus tentunya membuat guru harus memiliki kompetensi tertentu untuk dapat menjalankan perannya dengan baik. Di samping itu, guru memiliki tanggung jawab untuk mengemban peran di rumah, terlebih guru perempuan yang dianggap bertanggung jawab atas tugas domestik. Hal tersebut membuat guru perempuan mengemban peran ganda, yang memicu munculnya konflik kerja-keluarga.  Penelitian ini berfokus pada gambaran serta solusi yang sudah dilakukan guru perempuan pada PAUD inklusi dalam mengatasi konflik kerja-keluarga. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur pada empat subjek dan significant others. Hasil data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis tematik, dan terdapat tiga tema besar yaitu time based conflict, strain based conflict, dan behavior based conflict. Ketiga jenis konflik memiliki bobot yang berbeda. Subjek dalam penelitian menunjukkan munculnya konflik kerja-keluarga, dan masing-masing subjek mengemukakan beberapa solusi yang dirasa tepat dalam menangani konflik tersebut.

Abstract

Teachers in inclusion schools have their own challenges in carrying out their roles in schools. The existence of students with various types of special needs certainly makes teachers must have certain competencies to be able to carry out their roles well. In addition, teachers have the responsibility to carry out roles at home, especially female teachers who are considered responsible for domestic duties. This makes female teachers assume multiple roles, which triggers the emergence of work-family conflict. This study focuses on the description and solutions that have been done by female teachers in inclusion preschool in overcoming work-family conflict. Data collection was conducted with semi-structured interviews on four subjects and significant others. The results of the research data were analyzed using thematic analysis techniques, and there were three major themes, namely time based conflict, strain based conflict, and behavior based conflict. The three types of conflict have different weights. The subjects in the study showed the emergence of work-family conflict, and each subject put forward several solutions that felt appropriate in dealing with the conflict.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisa, T. A., Aiyenitaju, O., & Adekoya, O. D. (2021). The Work-Family Balance of British Working Women During The COVID-19 Pandemic. Journal of Work-Applied Management, 13(2), 241–260. https://doi.org/10.1108/JWAM-07-2020-0036

Amalia, N., & Kurniawati, F. (2021). Studi Literatur: Peran Guru Pendidikan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 361–371. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3730

An, J., Liu, Y., Sun, Y., & Liu, C. (2020). Impact of Work–Family Conflict, Job Stress and Job Satisfaction on Seafarer Performance. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(7). https://doi.org/10.3390/ijerph17072191

Asrulla, Risnita, Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26320–26332.

Aurellia, V. S., & Prihastuty, R. (2022). Hubungan Beban Kerja dengan Stres Kerja Pada Wanita Peran Ganda yang Berprofesi Sebagai Perawat. Journal of Social and Industrial Psychology, 11(2), 79–85. https://doi.org/10.15294/sip.v11i2.64797

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.

Fadhallah, R. A. (2021). Wawancara. UNJ Press.

Fadilla, A. R., & Wuladari, P. A. (2023). Literature Review Analisis Data Kualitatif: Tahap Pengumpulan Data. Mitita Jurnal Penelitian, 1(3), 34–46.

Gunawan, E., Rahmat, A., & Oemar, F. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Etis Terhadap Work-Family Conflict Di Mediasi Kelelahan Emosional Pegawai Pada Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 9(2), 514–527. https://doi.org/10.35446/dayasaing.v9i2.1049

Hadi, A., & Laras, P. B. (2021). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan Inklusi. Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 4(1), 17–24. https://doi.org/doi.org/10.33541/Jsvol2iss1pp1

Hansen, S. (2020). Investigasi Teknik Wawancara dalam Penelitian Kualitatif Manajemen Konstruksi. Jurnal Teknik Sipil, 27(3), 283–294. https://doi.org/10.5614/jts.2020.27.3.10

Huda, K., & Renggani, L. A. (2021). Perempuan Kapuk dalam Ekspektasi Budaya Patriarki (Sebuah Analisis Beban Ganda Gender). Kafa’ah: Journal of Gender Studies, 11(2), 184–198.

Ibda, F. (2023). Konflik Peran Ganda Perempuan Bekerja Ditinjau Dari Dukungan Sosial Keluarga. Community Development Journal, 4(6), 13793–13799. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/33225%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/download/33225/21948

Kartini, A., & Maulana, A. (2019). Redefinisi Gender Dan Seks. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 12(2), 217–239. https://doi.org/10.35719/annisa.v12i2.18

Kristanto, Y. D., & Padmi, R. S. (2020). Analisis Data Kualitatif: Penerapan Analisis Jejaring untuk Analisis Tematik yang Cepat, Transparan, dan Teliti. Jurnal Koridor, 1(5), 1–21.

Medina, H. R. B., Aguirre, R. C., Montecel, D. C., Pacheco, P. O., & Aguirre, M. I. P. (2021). The Influence of Work–Family Conflict on Burnout During the COVID-19 Pandemic: The Effect of Teleworking Overload. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(19), 1–22. https://doi.org/10.3390/ijerph181910302

Panjaitan, N. A. M., Siahaan, P. B. C., Siagian, M., & Sianipar, M. R. (2021). Konflik Peran Ganda pada Guru Wanita dan Kaitannya dengan Stress Kerja. Jurnal Prima Medika Sains, 3(2), 41–46. https://doi.org/10.34012/jpms.v3i2.1840

Peradantha, I. B. G. S. (2024). Pendekatan Autoetnografi Dalam Penelitian Artistik: Studi Kasus Dan Implikasi Metodologis. Jurnal Kajian Seni, 10(02), 153–170. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jksks.95192

Rahmayati, T. E. (2020). Konflik Peran Ganda Pada Wanita Karier. Juripol (Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan), 3(1), 152–165. https://doi.org/10.33395/juripol.v3i1.10920

Rozali, Y. A. (2022). Penggunaan Analisis Konten Dan Analisis Tematik. Penggunaan Analisis Konten Dan Analisis Tematik Forum Ilmiah, 19(1), 68–76. www.researchgate.net

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. QOSIM Jurnal Pendidikan, Sosial, Humaniora, 1(1), 13–23. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Sholichah, F., & Halida, A. N. (2025). Konflik Kerja-Keluarga pada Guru Perempuan yang Sudah Berkeluarga di PAUD Inklusi . Character Jurnal Penelitian Psikologi, 12(01), 347–359. https://doi.org/10.26740/cjpp.v12n01.p347-359
Abstract views: 56 , PDF Downloads: 7

Similar Articles

<< < 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.