Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Asertif Pada Siswa
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v12n01.p549-562Keywords:
Perilaku asertif, konsep diri, siswaAbstract
Tiap individu untuk menjalani kehidupan yang sukses, bersikap tegas sangatlah penting. Tujuan individu adalah untuk menjadi sukses dalam pendidikan, pekerjaan maupun kehidupan sosial dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan perilaku asertif siswa kelas XI SMK ‘X’. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK ‘X’. Populasi penelitian berjumlah 323 siswa dengan sampel berjumlah 179 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dimana teknik penentuan sampel berdasarkan pada pertimbangan peneliti. Teknik pengumpul data dilakukan dengan menggunakan skala konsep diri yang diadopsi berdasarkan skala dari Luviana Dewi Indirasari (2024) dengan nilai koefisien sebesar 0, 940 dan skala perilaku asertif disusun oleh peneliti didapatkan nilai koefisien sebesar 0840. Teknik analisis data dilakukan menggunakan korelasi pearson product moment. Data yang diperoleh menunjukkan hasil nilai koefisien korelasi antara konsep diri dengan perilaku asertif pada siswa yaitu sebesar 0,972 (r=0,972) dengan nilai p=0,000 (p<0,05). Berdasarkan hipotesis yang diajukan peneliti, yaitu terdapat hubungan antara konsep diri dengan perilaku asertif pada siswa SMK ‘X’ Kota Probolinggo dapat diterima. Nilai koefisien korelasi positif membuktikan bahwa arah hubungan kedua variabel adalah positif, yang bermakna semakin positif konsep diri siswa, maka semakin tinggi pula perilaku asertifnya.
Abstract
For every individual to lead a successful life, being assertive is essential. An individual's goal is to be successful in education, work and social life and beyond. This study aims to examine the relationship between self-concept and assertive behavior among 11th-grade students at Vocational High School ‘X’ in Probolinggo City. The study employs a quantitative research approach with a correlational research design. The subjects of this study are 11th-grade students at Vocational High School ‘X’ in Probolinggo City. The total population consists of 323 students, with a sample of 179 students. The sampling technique used is purposive sampling, where sample selection is based on the researcher’s judgment. Data collection was conducted using a self-concept scale adopted from Luviana Dewi Indirasari (2024), with a reliability coefficient of 0.940, and an assertive behavior scale with a reliability coefficient of 0.840. Data analysis was carried out using Pearson product-moment correlation. The results showed a correlation coefficient between self-concept and assertive behavior of 0.972 (r = 0.972) with a significance value of p = 0.000 (p < 0.05). Based on the hypothesis proposed by the researcher—namely, that there is a relationship between self-concept and assertive behavior among students at Vocational High School ‘X’ in Probolinggo City—it can be concluded that the hypothesis is accepted. The positive correlation coefficient indicates a positive direction of the relationship between the two variables, meaning that the more positive a student’s self-concept is, the higher their assertive behavior will be.
Downloads
References
Alberti, R., & Emmons, M. (2017). Your perfect right: Assertiveness and equality in your life and relationships. new harbinger publications.
Alberti, R & Emmons, M. (2002). Your Perfect Right: Panduan Praktis Hidup Lebih Ekspresif dan Jujur pada Diri Sendiri. Jakarta: Elex Media Komputindo
Abdullah, M. R. (2015). Metode penelitian kuantitatif. Sleman, Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Abidin, Z. (2011). Pengaruh pelatihan resiliensi terhadap perilaku asertif pada remaja. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 4(2), 129-136. https://doi.org/10.21107/pamator.v4i2.2451
Afif, R. Y., & Listiara, A. (2018). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Asertivitas Pada Remaja Di Sma Islam Sultan Agung 1 Semarang. Jurnal Empati, 7(2), 438-446. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21661
Alwisol, A. (2017). Psikologi Kepribadian (Revisi). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Amalia, L. (2016). Menjelajahi Diri dengan Teori Kepribadian Carl R. Rogers. Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, 3(1), 87-99. https://core.ac.uk/download/pdf/291655968.pdf
Asysyura, S., & Rizal, G. L. (2020). Perbedaan Asertivitas Remaja Minang Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 15(2), 120-130. http://dx.doi.org/10.30659/jp.15.2.120-130
Astuti, D. W., & Muslikah, M. (2019). Hubungan Antara konsep diri dengan perilaku asertif siswa kelas XI. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 168-182. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/cobaBK/article/view/5122
Baron, R. A. & Byrne, D. (2005). Psikolodi Sosial (10 ed). Jakarta: Erlangga
Acocella, J. R., & Calhoun, J. F. (1990). Psychology of Adjustment Human Relationship. McGraw-Hill.
Erickson, A. G., & Noonan, P. M. (2018). The Skill That Matters: Teaching Interpersonal and Intrapersonal Competencies In Any Classroom. Thousand Oaks, CA: Corwin.
Faradita, R. M., Elita, Y., & Sinthia, R. (2018). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Terhadap Kemampuan Asertivitas Siswa Smpn Kota Bengkulu. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 49-57. https://doi.org/10.33369/consilia.1.2.49-57
Ghufron, M Nur. dan Rini Risnawita S. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: ARRUZZ MEDIA. 2011.
Hasanah, A. M. A., Suharso, S., & Saraswati, S. (2015). Pengaruh Perilaku Teman Sebaya Terhadap Asertivitas Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 4(1). https://doi.org/10.15294/ijgc.v4i1.7485
Hidayat, R. A., & Febrieta, D. (2024). Peran Konsep Diri Siswa dalam Membangun Perilaku Asertif. Jurnal Pendidikan dan Sains (JUPISI), 3(2), 55-63. https://www.jupisi.untara.ac.id/index.php/jupisi/article/view/74/77
Husnah, S., Wahyuni, E., & Fridani, L. (2022). Gambaran Perilaku Asertif Siswa Sekolah Menengah Atas. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1370-1377. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1858
Indrawati, E.S & Afanjaya, M.A. (2016). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Prilaku Asertif Pada Mahasiswa Organisatoris Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, 5(3), 529-532 https://doi.org/10.14710/empati.2016.15396
Jalaluddin, R.(2007). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
KPAI Online. (2022). Catatan pelanggaran hak anak tahun 2021 dan proyeksi pengawasan penyelenggaraan perlindungan anak tahun 2022. www.kpai.go.id
Margretta, R., Hasanuddin, H., & Hasmayni, B. (2022). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Perilaku Asertif Pada Remaja Di SMA Yayasan Pendidikan Citra Harapan Percut Sei Tuan. Jouska: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 74-80. http://dx.doi.org/10.31289/jsa.v1i1.1103
Muliati, R. (2021). Konsep diri, kecerdasan emosi dan perilaku asertif pada siswa SMA kelas X. Psyche 165 Journal, 8-16. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v14i1.22
Nevid, J. S., Rathus, S. A., & Greene, B. (2005). Psikologi abnormal. Jakarta: Erlangga
Nurrahmah, N., Titin, P. F., & Radde, H. A. (2021). Harga Diri, Regulasi Emosi, dan Perilaku Asertif pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Karakter, 1(1), 07-16. https://doi.org/10.56326/jpk.v1i1.1092
Putri, R. S., Jannah, S. R., & Martina, M. (2022). Hubungan Konsep Diri Dengan Perilaku Asertif Pada Mahasiswa Aktif Berorganisasi di Universitas Syiah Kuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan, 6(1). https://jim.usk.ac.id/FKep/article/view/20656/10092
Pusparani, A., & Masykur, A. M. (2014). The relationship between self-concept with assertiveness in class X students Kesatrian 2 Senior High School Semarang. Jurnal Empati, 3(4), 51-61. https://doi.org/10.14710/empati.2014.7560
Robekka, M., Hasanuddin, & Hasmayni, B. (2022). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Perilaku Asertif Pada Remaja Di SMA Yayasan Pendidikan Citra Harapan Percut Sei Tuan The Relationship Between Self-Esteem and Assertive Behavior in Adolescents At The SMA Yayasan Pendidikan. Jouska: Jurnal Ilmiah …, 1(1), 74–80. https://doi.org/10.31289/jsa.v1i1.1103
Sakawuni., & Silondae, D. P. (2022). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Asertif Siswa. Jurnal Bening, 6(1). http://dx.doi.org/10.36709/bening.v6i1.21680
Syam, N. W. (2012). Psikologi sosial sebagai akar ilmu komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Stein, S.J., & Book, H.E. (2006). The EQ Edge. Canada: John Wiley & Sons Canada Ltd.
Tempo.co. (2024, September 16th). Kronologi dan penyebab kekerasan oleh kaka kelas di SMA Kebangsaan Lampung.https://www.tempo.co/hukum/kronologi-dan-penyebab kekerasan-oleh-kakak-kelas-di-sma-kebangsaan-lampung-9173
Townend, A. (2007). Assertiveness and diversity. Springer.
Witono, A. H., & Widodo, A. (2023). Aplikasi Teori Carl R. Rogers dalam Kampus Merdeka untuk Mewujudkan Pendidikan yang Humanis di Perguruan Tinggi. Journal on Education, 5(3), 9833-9838. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3
Zulhamdi, Z., Nurhasanah, N., & Bustamam, N. (2019). Hubungan motif afiliasi dengan perilaku asertif siswa. Jurnal Suloh, 4(1). https://doi.org/10.24815/suloh.v4i1.14167
Zulkarnain, I., Si, M., & Asmara, S. (2020). Membentuk Konsep Diri Melalui Budaya Tutur: Tinjauan Psikologi Komunikasi. Puspantara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rafidah Azzahra, Yohana Wuri Satwika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

