Pengembangan Game Untuk Materi Relational Database Management System Pada Mata Pelajaran Basis Data Di Sekolah Menengah Kejuruan

Main Article Content

ULUL INTAN SETIANINGRUM
YENI ANISTYASARI

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kevalidan media pembelajaran game dan respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran game berbasis RPG. Peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan pembelajaran game pada materi relational database management system. Model metode yang digunakan adalah 4D yang terdiri dari Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Namun peneliti melakukan model penelitian hingga tahap pengembangan tanpa tahap penyebaran. Populasi dalam penelitian ini merupakan siswa kelas XI RPL SMK Negeri 1 Surabaya. Diambil sampel sebanyak 1 kelas siswa kelas XI RPL SMK Negeri 1 Surabaya. Media pembelajaran game yang diimplementasikan adalah game bertipe RPG yang dibuat menggunakan RPG Maker. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa yang menggunakan media game yang dibantu oleh guru dalam proses belajar mengajar dalam mata pelajaran basis data dikategorikan tuntas.

Kata kunci : Game bertipe RPG, Pengembangan media pembelajaran game, RDBMS.

Article Details

How to Cite
INTAN SETIANINGRUM, U., & ANISTYASARI, Y. (2018). Pengembangan Game Untuk Materi Relational Database Management System Pada Mata Pelajaran Basis Data Di Sekolah Menengah Kejuruan. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 3(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/25428
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>