PEMBUATAN SIROLINE (SISTEM INFORMASI RAPOR ONLINE) BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL

Main Article Content

REIZA MUSTIKA NOER
YENI ANISTYASARI

Abstract

Pembuatan SIROLINE (sistem informasi rapor online) berbasis web menggunakan framework laravel dalam penelitian ini bertujuan minat siswa dengan menggunakan metode Fuzzy Tahani. Tujuan tersebut dicapai dengan pengumpulan data yang memiliki metode pengisian angket dengan menggunakan google form yang direspon oleh guru, orangtua siswa, dan siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode 6 tahapan penelitian R&D (Research and Defelopment). Sumber data primer bersal dari pengisian angket tertutup menggunakan google form yang berisikan 10 pertanyaan untuk guru dan 18 pertanyaan untuk orang tua siswa dan siswa. Penelitian ini menggunakan skala likert 5 alternatif jawaban. Responden merupakan guru SMK Negeri 1 Cerme sejumlah 3 guru, orang tua siswa sejumlah 2 orang, dan siswa kelas XII Multimedia 1 sejumlah 30 siswa namun terkendala waktu yang tidak kondusif maka responden adalah 26 siswa. Data yang diperoleh dalam skala interval kemudian diolah menggunakan rumus persentase kelayakan untuk menentukan kelayakan media siroline. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sistem informasi rapor online SIROLINE di SMK Negeri 1 Cerme diperoleh persentase dari validasi media 4 validator sejumlah 89,3%, (2) berdasarkan hasil respon guru SMK Negeri 1 Cerme sebanyak 3 responden diperoleh 88%, respon orang tua siswa sebanyak 2 responden diperoleh 80%, respon siswa sebanyak 26 siswa diperoleh 88,8% dari respontersebut SIROLINE layak untuk digunakan, dan (3) pengelompoan minat siswa pada pelajaran produktif pada nilai rapor online menggunakan metode logika Fuzzy Tahani. Kata Kunci: Rapor Online, Framework Laravel, Fuzzy Tahani

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
MUSTIKA NOER, R., & ANISTYASARI, Y. (2019). PEMBUATAN SIROLINE (SISTEM INFORMASI RAPOR ONLINE) BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 3(3). https://doi.org/10.26740/it-edu.v3i3.26907
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>