TINJAUAN PUSTAKA SISTEMATIS TENTANG PENGGUNAAN FLASHCARD PADA MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY
Main Article Content
Abstract
Pada era Revolusi Industri 4.0, perkembangan teknologi yang pesat mempengaruhi gaya belajar-mengajar. Gaya belajar-mengajar cenderung berubah menjadi lebih menarik, realistis, autentik dan menyenangkan. Penggunaan teknologi pada proses pembelajaran meningkatkan keterlibatan siswa dan meningkatkan level pemahaman. Akan tetapi, masih ada beberapa sekolah pada berbagai jenjang pendidikan pra-sekolah, sekolah dasar, dan sekolah menengah yang belum memanfaatkan perkembangan teknologi dalam kegiatan belajar-mengajar. Beberapa sekolah tersebut cenderung masih menggunakan media tradisional dalam kegiatan pembelajaran. Perkembangan teknologi yang bisa diimplementasikan dalam dunia pendidikan ada bermacam-macam, seperti E-Learning, Multimedia, Perangkat Seluler, Game, Virtual Reality dan Augmented Reality. Salah satu teknologi yang dimanfaatkan pada kegiatan pembelajaran yaitu augmented reality dengan memanfaatkan flashcard tradisional sebagai marker. Oleh karena itu, kajian pustaka ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan flashcard pada media pembelajaran berbasis augmented reality pada tingkat pendidikan pra-sekolah, sekolah dasar dan sekolah menengah. Model penelitian yang digunakan pada artikel ini yaitu menggunakan metode studi literatur. Hasil kajian pustaka ini menunjukkan bahwa flashcard berbasis augmented reality memiliki dampak positif terhadap siswa. Dalam kegiatan belajar-mengajar, siswa merasa penggunaan media FCAR dapat menjadikan suasana belajar-mengajar lebih menyenangkan dan interaktif. Penggunaan media ini juga membantu dalam memahami hal-hal yang dianggap abstrak. Selanjutnya, dengan diaplikasikannya media ini, motivasi dan prestasi belajar siswa meningkat dengan rata-rata 21-22%. Hal ini semakin menunjukkan jika penggunaan FCAR merupakan media pembelajaran yang efektif.