EFEKTIVITAS BLENDED LEARNING DENGAN MODEL STUDENT CENTERED MENGGUNAKAN MEDIA PROJECT MANAGEMENT SYSTEM BERDASARKAN LEMBAR KERJA SISWA DI SMK
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas blended learning dengan model student centered pada materi struktur kendali program menggunakan media Trello untuk memonitoring dan perencanaan pembelajaran dengan bantuan lembar kerja siswa untuk meningkatkan pengetahuan oleh siswa di kelas XI RPL 2 SMKN 2 Surabaya. Penelitian ini termasuk penelitian Pre – eksperimental desain menggunakan one – group pretest-posttest design. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian oleh reviewer, dan soal evaluasi hasil belajar. Reviewer terdiri dari 2 ahli media dan materi dan 1 guru pemrograman web. Uji coba terbatas dilakukan di kelas XI RPL 2 dengan 36 siswa dan 4 guru pemrograman web. Hasil penilaian kelayakan instrumen penelitian dan hasil tanggapan siswa dan guru dianalisis dengan uji validitas. Penelitian menunjukan bahwa hasil respon siswa 77,5% positif dalam penggunaan model pembelajaran ini. Dapat dilihat dari peningkatan rata-rata nilai pretest dan posttest. Dan hasil penelitian respon guru terhadap kebutuhan media Trello dalam monitoring dan perencanaan pembelajaran 71% layak untuk digunakan kembali.