PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE UNTUK MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Main Article Content

Yazid Zimam Fakhri
Aditya Prapanca

Abstract

Media pembelajaran dapat menjadi jembatan bagi pendidik dan peserta didik untuk berinteraksi satu dengan lain dalam hal pertukaran informasi dan proses pembelajaran. Berbagai jenis dan macam media pembelajaran dapat dipakai oleh pendidik dan peserta didik, sebagai contoh pada SMK Ketintang Surabaya tepatnya pada kelas X Multimedia 2 menggunakan media cetak yang jumlahnya terbatas. Peserta didik wajib meminjam buku cetak ke perpustakaan sekolah sebelum memulai pembelajaran dan mengembalikan buku tersebut setelah pembelajaran selesai. Hal tersebut menjadi masalah karena dinilai kurang efektif dan efisien bagi pendidik dan peserta didik itu sendiri. Permasalahan tersebut yang menyebabkan penelitian ini dibuat untuk menciptakan dan mengembangkan sebuah media pembelajaran yang mampu memberikan informasi kepada peserta didik berupa materi pelajaran dalam bentuk teks dan video. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menyajikan data analisis hasil kompetensi siswa melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil uji normalitas menunjukkan nilai signifikansi pada nilai pretest siswa memiliki signifikansi (Sig.) sejumlah 0,112 dan hasil nilai post-test siswa sejumlah 0,534. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Sig>a (0,05) berarti data berdistribusi secara normal. Hasil dari pengujian homogenitas menunjukkan bahwa data signifikansi 0,242 berdasarkan Mean dan signifikansi 0,275 berdasarkan Median. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Sig>a (0,05) yang memiliki arti data memiliki sifat homogen. Pengujian hipotesis yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan jenis Paired Sample T-test dengan hasil jumlah nilai rata-rata pada pretest siswa sejumlah 50,94 dan nilai rata-rata pada post-test siswa sejumlah 79,55. Pada uji ini menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) bernilai sebesar 0,000 < 0,05, dengan demikian maka H1 dapat diterima dan H0 dapat ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis website pada mata pelajaran dasar desain grafis mampu meningkatkan hasil kompetensi siswa.

Article Details

How to Cite
Fakhri, Y., & Prapanca, A. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE UNTUK MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 8(2), 35-43. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/57560
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>