PENGEMBANGAN BOARD GAME SNAKE-TRUE/FALSE BERBASIS ANDROID SEBAGAI PENUNJANG PEMROGRAMAN C++ DI SMKN 1 SURABAYA

Main Article Content

Bagus Wahyudianto
Aditya Prapanca

Abstract

Snake-True/False merupakan board game berbasis android yang dikembangakan menggunakan unity sebagaai game engine. Tujuan dari pengembangan Snake-True/False adalah sebagai media pembelajaran penunjang pelajaran pemrograman C++ untuk siswa kelas X RPL SMKN 1 Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan ADDIE yang memiliki 5 tahap yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan, Evaluasi. HIgh-fidelity prototyping dipakai untuk perancangan desain pada tahap ADDIE untuk mempermudah pengembangan di unity. Hasil validasi oleh para ahli terhadap board game Snake-True/False mendapatkan persentase total sebesar 89% yang dikategorikan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran penunjang pemrograman C++ khususnya materi perulangan dan array. Pengambilan data dari 36 siswa menggunakan eksperimen dengan desain One group Pretest Posttest mendapatkan peningkatan rata-rata nilai sebesar 28.6. Hasil dari angket kepuasan siswa yang menggunakan model End User Computing Satisfaction (EUCS) mendapatkan rata-rata 4,57 yang dikategorikan sangat tinggi.

Article Details

How to Cite
Wahyudianto, B., & Prapanca, A. (2023). PENGEMBANGAN BOARD GAME SNAKE-TRUE/FALSE BERBASIS ANDROID SEBAGAI PENUNJANG PEMROGRAMAN C++ DI SMKN 1 SURABAYA. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 8(1), 33-40. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/51154
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>