PENGEMBANGAN BOARD GAME SNAKE-TRUE/FALSE BERBASIS ANDROID SEBAGAI PENUNJANG PEMROGRAMAN C++ DI SMKN 1 SURABAYA
Main Article Content
Abstract
Snake-True/False merupakan board game berbasis android yang dikembangakan menggunakan unity sebagaai game engine. Tujuan dari pengembangan Snake-True/False adalah sebagai media pembelajaran penunjang pelajaran pemrograman C++ untuk siswa kelas X RPL SMKN 1 Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan ADDIE yang memiliki 5 tahap yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan, Evaluasi. HIgh-fidelity prototyping dipakai untuk perancangan desain pada tahap ADDIE untuk mempermudah pengembangan di unity. Hasil validasi oleh para ahli terhadap board game Snake-True/False mendapatkan persentase total sebesar 89% yang dikategorikan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran penunjang pemrograman C++ khususnya materi perulangan dan array. Pengambilan data dari 36 siswa menggunakan eksperimen dengan desain One group Pretest Posttest mendapatkan peningkatan rata-rata nilai sebesar 28.6. Hasil dari angket kepuasan siswa yang menggunakan model End User Computing Satisfaction (EUCS) mendapatkan rata-rata 4,57 yang dikategorikan sangat tinggi.