PENGARUH METODE PEMBELAJARAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR PEMROGRAMAN DASAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMKN 1 DRIYOREJO

Main Article Content

Dwi Heristiyadi
Aditya Prapanca

Abstract

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan mengetahui pengaruh  pembelajaran STAD berdasarkan hasil belajar pemrograman dasar yang dilihat dari motivasi. Motivasi dalam belajar sangat penting dalam mempengaruhi siswa. Untuk dapat meningkatkan prestasi belajar perlu ditingkatkan motivasinya. Penelitian ini menerapkan model STAD untuk kelas eksperimen dan menerapkan model Project based learning untuk kelas kontrol. Perbedaan kedua metode di atas yaitu penerapan STAD dengan membagi kelompok siswa yang beragam sementara Project based learning memberikan tugas untuk siswa. Dari hasil belajar diketahui tingkat motivasi siswa kelas STAD 86,08 dan kelas Project based learning 83,92 yang menunjukkan selisih perbedaan. Untuk hasil belajar siswa kelas STAD rata-rata 75,69 dan kelas Project based learning rata-rata 70. Hasil melalui uji hipotesis menghasilkan nilai signifikan yang menyatakan ada pengaruh metode terhadap hasil belajar begitupun antara motivasi terhadap hasil belajar. Data dilihat dari rata-rata kedua kelas baik motivasi dan metode yang berbeda.

Article Details

How to Cite
Heristiyadi, D., & Prapanca, A. (2022). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR PEMROGRAMAN DASAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMKN 1 DRIYOREJO. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 6(2), 170-176. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/46939
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>