PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK JARINGAN KOMPUTER DAN TELEKOMUNIKASI DI SMKN 7 SURABAYA

Main Article Content

Agustina Dwi Kusumawati
Aditya Prapanca

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berbasis website dengan penilaian validator (dosen & guru) dan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotorik siswa pada mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi dengan menggunakan media pembelajaran berbasis website dengan model Project Based Learning. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development dengan model ADDIE. Desain uji coba menggunakan True Experimental - Pretest Posttest Control Group Design. Data penelitian didapatkan dari 4 validator serta 72 siswa kelas X TKJ SMKN 7 Surabaya. Hasil penilaian validasi produk menunjukkan bahwa hasil pengembangan media mendapatkan presentase sebesar 84% (sangat valid), sedangkan untuk hasil analisis uji hipotesis didapatkan hasil sig. (2-tailed) = 0,00 dimana hasilnya < 0,05 sehingga H1 diterima (H0 ditolak) dan ditarik kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil tes siswa (kognitif dan psikomotorik) melalui penggunaan media pembelajaran berbasis website. Terdapat juga peningkatan hasil tes siswa yang ditunjukkan oleh hasil N-Gain dengan rata - rata nilai kelompok kontrol pada kategori sedang dan kelompok eksperimen pada kategori tinggi. Dengan demikian, didapatkan kesimpulan bahwa kemampuan kognitif dan psikomotorik siswa dapat meningkat melalui penggunaan media pembelajaran berbasis website.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kusumawati, A. D., & Prapanca, A. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK JARINGAN KOMPUTER DAN TELEKOMUNIKASI DI SMKN 7 SURABAYA. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 8(2), 137–146. https://doi.org/10.26740/it-edu.v8i2.55847
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>