PEMBUATAN SISTEM MONITORING DAN EVALUASI PRAKTIK KERJA LAPANGAN BERBASIS WEB UNTUK MENGUKUR KEDISIPLINAN DAN KETAATAN DALAM PELAPORAN KEGIATAN

Main Article Content

Muhamad Yusuf Misbakhudin
Aditya Prapanca

Abstract

Proses manajemen administrasi praktik kerja lapangan yang terdapat pada tempat penelitian masih memakai model konvensional yakni dengan cara kunjungan dari pihak sekolah yang dilakukan secara rutin dan bergiliran pada setiap lokasi praktik kerja lapangan tersebut dilakukan. Proses perijinan siswa apabila tidak hadir dalam kegiatan praktik kerja lapangan juga masih dilakukan melalui whatsapp. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, inovasi tentang teknologi dan komunikasi menjadi hal yang sangatllah dibutuhkan pada lini pendidikan. Teknologi yang terus berkembang memunculkan terobosan baru dalam membantu lini pendidikan agar menjadi efisien dan hemat biaya. Penelitian ini dibuat memakai metode waterfall. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket respon media. Analisis angket respon yang didapatkan dari siswa dan guru selaku pengguna menunjukan bahwa sistem monitoring dan evaluasi praktik kerja lapangan berbasis web bisa meningkatkan efektivitas dalam proses administrasi praktik kerja lapangan dengan hasil yang didapat dengan garis rating good dan acceptability ranges berada pada garis acceptable. Penelitian ini juga mengukur tingkat kedisiplinan dan ketaatan pelaporan kegiatan praktik kerja lapangan yang dilakukan oleh siswa. Seluruh hasil yang didapatkan penelitian ini mendapatkan nilai yang cukup dan mendapatkan respon yang baik dari angket respon yang didapatkan dari siswa dan guru sebagai pengguna sehingga terdapat kesimpulan bahwa sistem ini layak digunakan dan cukup berpengaruh terhadap tingkat kedisiplinan dan ketaatan pelaporan kegiatan.

Article Details

How to Cite
Misbakhudin, M., & Prapanca, A. (2023). PEMBUATAN SISTEM MONITORING DAN EVALUASI PRAKTIK KERJA LAPANGAN BERBASIS WEB UNTUK MENGUKUR KEDISIPLINAN DAN KETAATAN DALAM PELAPORAN KEGIATAN. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 8(2), 17-24. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/57106
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>