PENGEMBANGAN E-MODUL BERPLATFORM ANDROID UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN UNTUK SISWA KELAS XI
Main Article Content
Abstract
Pada zaman Revolusi Industri 4.0, perkembangan teknologi telah mengalami kemajuan pesat dan memainkan peran penting dalam dunia pendidikan. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mempunyai potensi besar untuk mengembangkan kemampuan berpikir dan memungkinkan integrasi TIK dalam proses belajar mengajar. Dalam menghadapi tantangan ini, para peneliti berupaya menciptakan sebuah modul elektronik (e-modul) berbasis Android untuk meningkatkan semangat belajar para siswa dalam mata pelajaran Teknologi Layanan Jaringan di kelas XI di SMK Ketintang Surabaya. Penelitian ini memiliki tiga tujuan utama. Pertama, merancang e-modul berbasis Android yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran Teknologi Layanan Jaringan. Kedua, mengukur hasil pembelajaran siswa setelah menerapkan e-modul tersebut dalam proses belajar. Ketiga, mengukur dampak yang positif dan signifikan terhadap semangat belajar siswa setelah memanfaatkan e-modul berbasis Android. Metode penelitian yang diadopsi adalah Riset dan Pengembangan (RnD) dengan memanfaatkan model ADDIE, yang melibatkan tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Para ahli dalam bidang media dan materi terlibat dalam tahap validasi untuk menilai kelayakan isi, tujuan, aspek instruksional, dan teknis dari e-modul tersebut. Data yang dikumpulkan melalui pengujian pra-tes dan pasca-tes siswa dianalisis dengan menggunakan uji tanda Wilcoxon dan uji t. Hasil dari penelitian ini memberikan pemahaman yakni e-modul berbasis Android mempunyai tingkat kesesuaian yang sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran Teknologi Layanan Jaringan. Penggunaan e-modul berbasis Android secara signifikan meningkatkan semangat belajar siswa, hal ini terbukti dari peningkatan skor pada postes. Oleh karena itu, e-modul berbasis Android dapat menjadi alat yang efektif untuk memberikan peningkatan terhadap semangat belajar siswa dalam mata pelajaran Teknologi Layanan Jaringan.