RANCANG BANGUN PROJECT BASED LEARNING MENGGUNAKAN WEB-BASED LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PSIKOMOTOR PEMROGRAMAN WEB

Main Article Content

Muhammad Rifqi Prasetyo
Aditya Prapanca

Abstract

Teknologi memegang peranan yang sangat penting dalam bidang pendidikan, beberapa kegiatan telah beralih menjadi jarak jauh atau online, termasuk pembelajaran yang dilakukan jarak jauh melalui berbagai media teknologi. Salah satu teknologi yang digunakan adalah e-learning, dimana pembelajaran elektronik dinilai efektif dalam hal pengumpulan tugas dan pemberian bahan pelajaran, namun meski pembelajaran daring dinilai menguntungkan dan terkesan menyenangkan karena dapat dilakukan di rumah, namun tidak mudah untuk dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research & Development) dengan model 4D yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Dalam proses penelitian diatas telah melalui beberapa validasi oleh para ahli untuk memvalidasi media pembelajaran yang sudah dibuat, validasi ini terdiri 4 aspek yaitu materi, media , RPP dan pre-test post-test, selain itu juga dilakukan uji normalitas serta uji T untuk mencari tahu adanya pengaruh dari media pembelajaran yang sudah dibuat peneliti terhadap kemampuan psikomotor pemrograman web siswa. Hasil yang didapat dari para ahli adalah 0,75 atau termasuk kategori “Valid” dan untuk paling tinggi mendapatkan nilai sebesar 0,93 atau masuk dalam kategori “Sangat Valid”. Hasil pengujian normalitas sendiri mendapatkan nilai sig. sebesar 0,066 yang merupakan > 0,05  sehingga dapat diartikan bahwa data yang didapatkan terdistribusi dengan normal, lalu hasil dari uji T menunjukkan nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000, dimana nilai tersebut < 0,005, sehingga Ha (hipotesis alternative) diterima, yaitu terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap kemampuan psikomotor pemrograman web siswa.

Article Details

How to Cite
Prasetyo, M., & Prapanca, A. (2024). RANCANG BANGUN PROJECT BASED LEARNING MENGGUNAKAN WEB-BASED LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PSIKOMOTOR PEMROGRAMAN WEB. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 9(1), 47-54. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/58558
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>