TINJAUAN PUSTAKA SISTEMATIS TENTANG EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GROUP DISCUSSION ONLINE TERHADAP KEMAMPUAN PERKEMBANGAN NALAR SISWA

Main Article Content

Reivan Arsyadzani Abdillah Sugiharto
Yeni Anistyasari

Abstract

Dalam melaksanakan proses belajar-mengajar tentunya dibutuhkan beberapa metode-metode yang digunakan untuk menyampaikan materi yang disajikan kepada siswa agar dapat tercerna secara maksimal sehingga tujuan pembelajaran sesuai dengan yang di inginkan. Namun hingga saat ini masih terdapat guru yang menggunakan cara tradisional yakni dengan metode cara mengajar guru sebagai pusatnya sehingga membuat peran peserta didik cenderung minim dikelas karena proses belajar-mengajar berpusat pada guru. Salah satu metode yang digunakan disini adalah dengan metode group discussion online yang akan dibagi menjadi beberapa bagian kelompok kecil untuk menyelesaikan suatu masalah dengan secara online. Dengan begitu siswa akan lebih termotivasi karena ada proses dimana diskusi antara satu siswa dengan yang lain dimana guru hanya menjadi sebagai moderator di tengahnya. Dalam studi literatur ini diharapkan dan terbukti bahwa metode ini mampu meningkatkan daya pikir nalar siswa dalam menerima materi yang diberikan guru dan memberikan hasil belajar yang baik bagi siswa

Article Details

How to Cite
Sugiharto, R., & Anistyasari, Y. (2022). TINJAUAN PUSTAKA SISTEMATIS TENTANG EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GROUP DISCUSSION ONLINE TERHADAP KEMAMPUAN PERKEMBANGAN NALAR SISWA. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 6(2), 165-169. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/46622
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>