MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING BERBASIS FITUR WIZARD ACTIVITY PADA CISCO PACKET TRACER DI SMKN 1 KEDIRI

Main Article Content

Nanda Ajeng Listia
Yeni Anistyasari

Abstract

Sebuah media evaluasi otomatis guna membantu tugas guru di dalam melaksanakan evaluasi hasil pembelajaran siswa disebut Fitur wizard activity di Cisco Packet Tracer. Penelitian ini yakni guna mengetahui terdapat pembeda atau tidaknya pada keterampilan siswa dalam Konfigurasi NAT beserta self regulated learning siswanya dengan model pembelajaran Active Learning berbasis fitur wizard activity di Cisco Packet Tracer serta model pembelajaran dengan basis permasalahan tanpa wizard activity mata pelajaran jaringan dasar. Siswa kelas X TKJ 1 serta X TKJ 2 di SMK Negeri 1 Kediri ialah populasi yang digunakan didalam kegiatan penelitian ini. Quasi Experimental Design, dengan Nonequivalent Control Group Design sebagai desain penelitian ini. Keterampilan siswa untuk kelas X-TKJ 1 meningkat serta lebih baik dibandingkan kelas X-TKJ 2 dengan rata-rata pretestnya 58 serta rata-rata nilai posttestnya ialah 85 sedangkan pada kelas kontrol (X-TKJ 2) memiliki rata-rata pretestnya 60 serta rata-rata posttestnya ialah 69. Selisih posttest antara keduanya yaitu 16 angka. Berdasar pada analisa perbedaan didapatkan sebuah nilai sig(2-tailed) 0,000 < 0,05 jadi H0 ditolak serta H1 diterima, ada sebuah perbedaan dari pembelajaran yang dihasilkan dengan signifikan yang mana melalui penggunaan Activity Wizard lebih baik daripada tanpa activity wizard. Bukan hanya hal tersebut, hasil analisa angket untuk kegiatan penelitian ini kelas eksperimen memiliki SRL lebih baik. Dari 27 sampel kelas eksperimen 1 siswa memiliki SRL sedang dan 26 siswa memiliki SRL tinggi. Pada Kelas kontrol dari 27 sampel 12 siswa memiliki SRL sedang dan 15 siswa memiliki SRL tinggi.

Article Details

How to Cite
Listia, N., & Anistyasari, Y. (2023). MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING BERBASIS FITUR WIZARD ACTIVITY PADA CISCO PACKET TRACER DI SMKN 1 KEDIRI. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 8(1), 73-79. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/54754
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>