PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF UNTUK MEMBUAT ANIMASI 2D DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN EFIKASI DIRI SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ANIMASI

Main Article Content

Adriansyah Bagus Purwanto
Yeni Anistyasari

Abstract

Teknik animasi merupakan mata pelajaran yang wajib dikuasai oleh siswa program keahlian multimedia. Menurut hasil observasi kurangnya bahan ajar yang digunakan ketika proses pembelajaran berdampak pada rendahnya nilai keterampilan siswa, hal tersebut berdampak pada efikasi diri siswa. Siswa merasa kesulitan dalam belajar sehingga beranggapan bahwa dirinya tidak mampu. Oleh karena itu, pengembangan modul interaktif bidang teknik animasi khususnya materi teknik tweening dan teknik puppeteer merupakan solusi yang sangat efektif untuk mengatasi permasalahan yang muncul. Pengembangan didasarkan pada model 4D dengan langkah-langkah define, design, develop, dissimination. Pada langkah ini, proses validasi modul diberi masukan oleh validator dalam aspek materi dan media. Jawaban siswa diperoleh dari penyebaran angket kepada siswa. Untuk keterampilan dilakukan eksperimen semu dengan menggunakan uji parametris guna mengetahui adanya perbedaan diantra subjek kelas yang digunakan sebagai eksperimen semu yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selain itu, kuesioner self-efficacy diberikan guna mengetahui tentang self-efficacy siswa setelah menggunakan modul. Validasi materi pada modul mendapatkan nilai 0,89 dan media 0,86 yang dikategorikan dalam validitas sangat baik. Hasil respon siswa rata-rata setuju dengan modul interaktif dengan nilai 87,04%. Hasil uji T juga menunjukkan bahwa modul interaktif dapat meningkatkan keterampilan siswa dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,013 untuk materi Teknik tweening dan 0,008 untuk Teknik puppeteer dengan kata lain nilai sig. (2-tailed) < 0,05. Selain itu hasil efikasi diri siswa mendapatkan hasil sebesar 84,99% dengan kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa modul interaktif valid dan dapat meningkatkan keterampilan serta efikasi diri siswa.

Article Details

How to Cite
Purwanto, A., & Anistyasari, Y. (2023). PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF UNTUK MEMBUAT ANIMASI 2D DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN EFIKASI DIRI SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ANIMASI. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 8(1), 80-86. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/54756
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>