MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN

Main Article Content

Sephia Ummiyatil Azizah
Yeni Anistyasari

Abstract

Desain Grafis Percetakan (DGP) merupakan pelajaran wajib yang berhubungan dengan teknologi desain grafis komputer. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan yaitu terdapat keterbatasan fasilitas dalam menunjang proses pembelajaran pada mata pelajaran Desain Grafis Percetakan (DGP). Fasilitas yang dimilki oleh SMK Negeri 1 Kemlagi antara lain kamera handycam, kamera DSLR, dan tripod. Sehingga pada saat praktikum fotografi banyak siswa yang tidak bisa melakukan praktikum. Oleh karena itu, pengembangan media pembelajaran Augmented Reality DGP merupakan solusi yang efektif dalam mengatasi masalah yang terjadi. Pengembangan ini menggunakan model 4D terdiri dari 4 langkah: Pendefinisian (Define), Perencanaan (Design), Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Disseminate). Hasil dari penelitian yang telah dilakukan yaitu validasi media mendapatkan nilai 0,93 dan validasi materi mendapatkan nilai 0,87 yang dikategorikan dalam validitas “Sangat Tinggi”. Hasil uji T juga menunjukkan bahwa media pembelajaran Augmented Reality DGP dapat meningkatkan hasil belajar siswa didapatkan dari nilai t hitung > t tabel yaitu 17,089 > 2,0395. Selain itu hasil dari respon siswa mendapatkan rata-rata 85,29% dengan kategori “Sangat Baik” serta hasil dari motivasi belajar siswa yang mendapatkan rata-rata 89,97% dengan kategori “Sangat Tinggi”. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Augmented Reality DGP valid dan efisien dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa.

Article Details

How to Cite
Azizah, S., & Anistyasari, Y. (2023). MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 8(1), 87-94. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/55369
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>