PENGEMBANGAN E-PORTFOLIO DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS

Main Article Content

Nilam Setyoningrum
Yeni Anistyasari

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui desain dan pengembangan E-Portfolio pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis serta ada tidaknya peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa setelah menggunakan E-Portfolio pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis. Model One-Group Pretest-Posttest dengan desain pre-eksperimental menjadi desain pada penelitian ini. Sampel penelitian ini ialah siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak 1 SMKS Semen Gresik yang berjumlah 36 siswa. Model ADDIE menjadi model penelitian ini yang terdiri atas fase analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, serta evaluasi. Berdasarkan penelitian ini, terbukti bahwa E-Portfolio yang dikembangkan memiliki taraf kelayakan penggunaan sebesar 90,55%, di mana masuk ke dalam kriteria sangat baik serta terdapat peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa setelah menggunakan E-Portfolio. Hal ini terlihat dari hasil uji hipotesis Wilcoxon yang memperoleh nilai Asymp. Sig. (two-tailed) sebesar 0.000. Nilai tersebut lebih rendah dari taraf signifikansi sebesar 0.05 sehingga hipotesis nol tidak dapat diterima serta hipotesis alternatif diterima. Dengan demikian, disimpulkan bahwa pengetahuan dan keterampilan siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan E-Portfolio pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis.

Article Details

How to Cite
Setyoningrum, N., & Anistyasari, Y. (2023). PENGEMBANGAN E-PORTFOLIO DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 8(2), 67-74. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/57600
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>