PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL BERBASIS WEBSITE PADA MATERI FORMAT TEKS HALAMAN WEB KELAS X RPL DI SMKN 2 MOJOKERTO
Main Article Content
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal di kelas x rpl SMKN 2 Mojokerto ditemukan permasalahan yakni tidak ada buku pegangan untuk siswa dikarenakan minimnya buku teks di perpustakaan. Siswa menggunakan modul yang disusun oleh guru sebagai sumber belajar dan pedoman kegiatan praktikum, namun perlu diperhatikan bahwa modul ini tergolong kurang efektif dalam menjelaskan materi. Terkait dengan hasil observasi yang telah dilakukan, bahwa diperlukannya pengembangan media pembelajaran untuk kelas x rpl di SMKN 2 Mojokerto. Penelitian ini memiliki tujuan : 1) untuk mengetahui kelayakan e-modul berbasis web pada materi format teks halaman website kelas X RPL di SMKN 2 Mojokerto. 2) untuk mengetahui pengaruh e-modul berbasis website pada materi format teks halaman web terhadap kemampuan kognitif kelas X RPL di SMKN 2 Mojokerto. Metode pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Desain penelitian yang digunakan peneliti adalah metode Pre Experimental one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan media e-modul berbasis web dengan hasil validasi diperoleh nilai 89%, hasil validasi materi format teks halaman web memperoleh nilai 87,3%, hasil validasi RPP memperoleh nilai 89,4% dan hasil validasi soal soal pretest dan post-test memperoleh nilai 88,3%. Berdasarkan hasil validasi maka e-modul berbasis web layak digunakan dalam proses pembelajaran pada materi format teks halaman web di SMKN 2 Mojokerto. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan e modul terhadap kemampuan kognitif siswa dilakukan uji paired sample t-test dengan hasil signifikansi (Sig.) sebesar 0,000. < 0,05 sehingga e-modul berbasis web memiliki pengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa siswa kelas X RPL SMKN 2 Mojokerto. Karenanya, dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan e-modul berbasis website dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa serta e-modul layak digunakan sebagai media pembelajaran yang layak digunakan dalam proses pembelajaran.