PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB DI SMK SEMEN GRESIK

Main Article Content

Yanuar Andi Rahman
Aditya Prapanca

Abstract

Platform yang dikembangkan oleh peneliti diberi nama Courselify yang sebagai mana menjadi media yang memiliki tujuan membantu siswa untuk lebih paham tentang materi pemrograman web secara sederhana dengan fitur yang interaktif dan mudah untuk digunakan oleh siswa. Courselify berbentuk website seperti modul elektronik yang bisa digunakan atau diakses oleh siswa secara mandiri dengan perangkat atau gawainya masing-masing. Dalam media ini peneliti memberikan fitur koding secara langsung, dengan hal tersebut siswa bisa belajar dan langsung mengimplementasi materi tanpa menginstal aplikasi code editor. Courselify memiliki alur pembuatan dan pengembangan dengan melalui penelitian untuk penemuan masalah, pengumpulan data, tahap produksi untuk membuat media, dan pengembangan media. Courselify sudah melalui tahapan validasi dari beberapa dosen yang ahli pada bidangnya. Hasil dari tahap validasi dosen ahli media menunjukkan nilai 91,11% sedangkan nilai dari respon siswa ketika sudah menggunakan platform Coouselify sebagai media belajar menunjukkan hasil 97,47%. Peningkatan hasil yang dilakukan ketika pretes dan posttes menunjukkan hasil yang lebih baik. Hal tersebut dapat dilihat dari rata - rata pretes siswa dengan nilai sebesar 63,88 dan mendapatkan nilai rata - rata posttes 92,22. Dapat disimpulkan dengan menggunakan platform Courselify dapat meningkatkan rata - rata sebesar 28,34.

Article Details

How to Cite
Rahman, Y., & Prapanca, A. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB DI SMK SEMEN GRESIK. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 8(2), 98-103. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/58011
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>