ANALISIS PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODUL DAN BUKU TEKS PADA MATERI METODE PENILAIAN PERSEDIAAN KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 SURABAYA

  • WINDA ASTUTIK
  • EKO WAHJUDI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar antara pembelajaran menggunakan modul dan menggunakan buku teks pada materi metode penilaian persediaan. Penelitian ini tergolong dalam penelitian ex post facto jenis causal-comparative research. Populasi dalam penelitian terdiri dari 4 kelas yaitu XI Ak 5 - XI Ak 8 di SMK Negeri 1 Surabaya tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan terpilih kelas XI Akuntansi 6 sebagai kelas perbandingan I dan kelas XI Akuntansi 8 sebagai kelas perbandingan II. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes. Teknik analisis data dilakukan dengan memenuhi uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas menggunakan Uji Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas menggunakan Uji Levene Statistic. Uji hipotesis dilakukan menggunakan Uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata selisih posttest dan pretest pada kelas perbandingan I sebesar 32,625 dan nilai rata-rata selisih posttest dan pretest pada kelas perbandingan II sebesar 27. Hasil uji hipotesis Uji Independent Sample T-test diperoleh thitung sebesar 8,102 atau lebih besar dari ttabel sebesar 1,991 dan sig.(2-tailed) sebesar 0,000 atau kurang dari 0,05. Hasil tersebut dapat diartikan bahwa hipotesis diterima sehingga kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat perbedaan hasil belajar antara pembelajaran menggunakan modul dan buku teks.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Modul, Buku Teks, Metode Penilaian Persediaan.

Published
2018-10-22
How to Cite
ASTUTIK, W., & WAHJUDI, E. (2018). ANALISIS PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODUL DAN BUKU TEKS PADA MATERI METODE PENILAIAN PERSEDIAAN KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/25826
Section
Article
Abstract Views: 83
PDF Downloads: 85