ANALISIS PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODUL DAN BUKU TEKS PADA MATERI METODE PENILAIAN PERSEDIAAN KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar antara pembelajaran menggunakan modul dan menggunakan buku teks pada materi metode penilaian persediaan. Penelitian ini tergolong dalam penelitian ex post facto jenis causal-comparative research. Populasi dalam penelitian terdiri dari 4 kelas yaitu XI Ak 5 - XI Ak 8 di SMK Negeri 1 Surabaya tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan terpilih kelas XI Akuntansi 6 sebagai kelas perbandingan I dan kelas XI Akuntansi 8 sebagai kelas perbandingan II. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes. Teknik analisis data dilakukan dengan memenuhi uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas menggunakan Uji Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas menggunakan Uji Levene Statistic. Uji hipotesis dilakukan menggunakan Uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata selisih posttest dan pretest pada kelas perbandingan I sebesar 32,625 dan nilai rata-rata selisih posttest dan pretest pada kelas perbandingan II sebesar 27. Hasil uji hipotesis Uji Independent Sample T-test diperoleh thitung sebesar 8,102 atau lebih besar dari ttabel sebesar 1,991 dan sig.(2-tailed) sebesar 0,000 atau kurang dari 0,05. Hasil tersebut dapat diartikan bahwa hipotesis diterima sehingga kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat perbedaan hasil belajar antara pembelajaran menggunakan modul dan buku teks.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Modul, Buku Teks, Metode Penilaian Persediaan.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 85