BUKU SUPLEMEN PEMBELAJARAN VOKAL UNTUK TIRANDO MUSIC EDUCATION

Penulis

  • Bella Elmar Putri Tida Universitas Negeri Surabaya
  • Setyo Yanuartuti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jps.v9n2.p193-205

Kata Kunci:

Pengembangan, Buku Suplemen, Pembelajaran Vokal

Abstrak

Buku suplemen pembelajaran vokal merupakan sebuah buku penunjang dimana materi buku disusun berdasarkan kebutuhan akan materi pembelajaran vokal tingkat dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab ketiga rumusan masalah yaitu: (1) proses pengembangan buku suplemen, (2) kualitas buku suplemen ditinjau dari aspek materi, bahasa, dan desain, (3) keefektifan buku suplemen ditinjau dari responden. Metode yang digunakan dalam proses pengembangan ini yakni penelitian dan pengembangan, atau yang lebih dikenal dengan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang memiliki kepanjangan Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan, proses pengembangan melalui tahap analisis untuk mengidentifikasi kebutuhan/ problem dalam pembelajaran vokal tingkat dasar. Tahap desain yaitu menyusun dan merancang desain produk dilanjutkan pembuatan produk. Produk selanjutnya divalidasi, hasil validasi menunjukkan buku suplemen pembelajaran vokal layak digunakan dalam pembelajaran dengan persentase hasil akhir validasi materi 85%, validasi bahasa 75%, dan validasi desain 87,5%. Tahap selanjutnya dilakukan uji coba produk kepada responden yang terdiri dari headmaster, guru vokal dan peserta didik vokal di Tirando Music Education untuk memperoleh nilai keefektifan produk. Keefektifan buku ditinjau dari kepraktisan penggunaannya, mencapai nilai rata-rata 93,12%. Dari hasil tersebut, buku suplemen pembelajaran vokal termasuk dalam kriteria sangat efektif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2020-09-03

Cara Mengutip

Tida, B. E. P., & Yanuartuti, S. (2020). BUKU SUPLEMEN PEMBELAJARAN VOKAL UNTUK TIRANDO MUSIC EDUCATION. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 9(2), 193–205. https://doi.org/10.26740/jps.v9n2.p193-205

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 185 , PDF Downloads: 562

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.