Analisis Faktor Trauma Dari Pengalaman Toxic Friendship Pada Generasi Z

Authors

DOI:

https://doi.org/10.26740/cjpp.v12n01.p38-48

Keywords:

Toxic friendship, trauma psikologis , generasi z, faktor trauma , kesehatan mental

Abstract

Manusia sebagai makhluk sosial memiliki keinginan untuk bersatu dengan sesama manusia dan lingkungannya. Namun, interaksi sosial tidak selalu positif, dan dapat menyebabkan trauma psikologis jika tidak ditangani dengan baik. Trauma adalah pengalaman yang dapat mengubah jalur kehidupan seseorang dan berdampak serius pada kesehatan mental mereka. Faktor-faktor yang mungkin menyebabkan trauma termasuk pengkhianatan, ejekan, dan pengucilan oleh teman atau lingkungan. Generasi Z, yang tumbuh di era digital, rentan terhadap pengalaman toxic friendship, yang dapat menghasilkan dampak psikologis yang signifikan. Studi kualitatif ini menggali pengalaman trauma yang diakibatkan oleh toxic friendship pada Generasi Z melalui wawancara dengan tiga mahasiswa. Hasilnya menunjukkan bahwa faktor pengkhianatan, ejekan, dan pengucilan oleh teman dan lingkungan sosial memiliki kontribusi pada trauma psikologis. Pemahaman lebih dalam tentang permasalahan ini diharapkan dapat memberikan dukungan yang lebih efektif kepada Generasi Z yang mengalami dampak negatif dari toxic friendship. Studi lanjutan dengan metode penelitian yang beragam direkomendasikan untuk pemahaman yang lebih komprehensif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pada Mahasiswa Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan: Studi Fenomenologi. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Science Journal, 14(1).,33-40. https://doi.org/10.34305/jikbh.v14i01.684

Arifin, S. (2018). Peran Komunikasi Antarpribadi Dalam Proses Pemulihan Trauma: Pada Remaja Korban Bencana. Jurnal Perspektif, 1, 534–548. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2874543

Ashofa, N. H. (2019). Terapi Realitas Untuk Menangani Trauma (Post Traumatic Stress Disorder) Pada Korban Bullying Di Balai Perlindungan Dan Rehabilitasi Sosial Wanita. HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 16(1), 86-99. https://doi.org/10.14421/hisbah.2019.161-07

Awwad, M., & Afriani, E. (2021). Mengatasi Trauma Pada Anak Melalui Terapi Inner Child Dan Terapi Dzikir: Studi Kasus Klien Di Rumah Hijau Counsoulting. Qawwam, 15(2) 69-90. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/qawwam/article/view/4298

Chrismon, J., & Carter, A. W. (2023). The Absence of Trauma-Informed Practice In The High School Production Process: A Qualitative Study. Youth Theatre Journal, 37(1-2), 68-83. https://doi.org/10.1080/08929092.2023.2218719

Djafar, S. M. (2019). Bahan Ajar Teknologi Bank Darah (TBD): Psikologi. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI. Retrieved from http://repository.stikeshb.ac.id/48/1/Psikologi_SC_.pdf

Faradillah, S. S., & Amriana. (2020). Cognitive-Behavioral Therapy dengan Teknik Thought Stopping untuk Menangani Trauma Psikologis Mahasiswa Yang Mengalami Broken Home. Prophetic: Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal, 83-94. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/prophetic/article/view/6957

Fitriarti, E. A. (2017). Komunikasi Terapeutik Dalam Konseling (Studi Deskriptif Kualitatif Tahapan Komunikasi Terapeutik dalam Pemulihan Trauma Korban Kekerasan Terhadap Istri di Rifka Annisa Women’s Crisis Center Yogyakarta). Profetik Jurnal Komunikasi, 10(1), 83-99. https://doi.org/10.14421/pjk.v10i1.1223

Haryati, A., Herawati, N., Soneta, B., & Wardani, S. (2022). Upaya Konselor Islami Dalam Penanganan Spiritualitas Pada Korban Trauma Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan, 9(1), 1-8. https://doi.org/10.37064/consilium.v9i1.9579

Hia, L. N., Wurdianto, K., Fitriana, E., Toriyono, M. D., & Ridlwan, M. K. (2022). Implementasi Trauma Healing Dan Pendidikan Lingkungan Pada Anak-Anak Pasca Bencana Banjir di Kota Palangka Raya. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 9(1), 37-47. https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i1.13235

Komalasari, S. (2022). Observasi & Wawancara Psikologi. Banjarmasin: Antasari Press.

Komalasari, S., Hermina, C., Muhaimin, A., Alarabi, M. A., Apriliadi, M. R., Rabbani, N. P., et al. (2022). Prinsip Character of A Leader Pada Generasi Z. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 6(1), 77-91. http://dx.doi.org/10.26623/philanthropy.v6i1.4960

Makahaghi, Y. B., & Surudani, C. J. (2021). Pengalaman Keluarga Menghadapi Trauma Pasca Bencana Alam Di Kampung Lebo Kecamatan Manganitu. Jurnal Ilmiah Sesebanua, 5(1), 23-30. https://doi.org/10.54484/jis.v5i1.367

Pietkiewicz, I. J., Klosinska, U., & Tomalski, R. (2022). Polish Catholics Attribute Trauma-related Symptoms to Possession: Qualitative Analysis of Two Childhood Sexual Abuse Survivors. Journal of Child Sexual Abuse, 31(4), 373-392. https://doi.org/10.1080/10538712.2022.2067094

Rohmah, I. M., & Yuliasari, H. (2023). Post Traumatic Growth pada Korban Broken Home (Post Traumatic Growth in Broken Home Victims). Jurnal Ilmiah Psikologi MIND SET, 14(01), 32-42. https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/mindset/article/view/3949

Saputri, N. D., & Khairi, A. M. (2020). Bimbingan Islami Untuk Menangani Trauma Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga Di Aliansi Peduli Perempuan Sukowati Sragen. Academic Journal of Psychology and Counseling, 1(1), 46-59. https://doi.org/10.22515/ajpc.v1i1.2447

Saragi, M. P., Khotimah, K., Mawaddah, Sahputra, D., & Daulay, A. A. (2023). Pemulihan Trauma: Strategi Pemulihan Trauma Korban Pelecehan Seksual. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi (JIUBJ), 23(1), 746-751. http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3134

Sejati, S., Badriyah, L., & Juniza, E. A. (2023). Dampak Negatif Perilaku Toxic Friendship dengan Kualitas Pertemanan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu. ISTISYFA : Journal of Islamic Guidance and Conseling, 236-249. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/istisyfa/article/view/11405

Sheridan, G., & Carr, A. (2020). Survivors' Lived Experiences of Posttraumatic Growth After Institutional Childhood Abuse: An Interpretative Phenomenological Analysis. Child Abuse & Neglect, 103, 1-13. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2020.104430

Sinaga, M. H., PutriM., MunteR. F., & Hasibuan, F. H. (2023). Gambaran Trauma Yang Dialami Anak Korban Perceraian. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 6(1), 193-204. https://doi.org/10.47467/as.v6i1.3420

Sturgeon, M., Burgess, G. H., & Murphy, D. (2023). A Qualitative Exploration Of The Parenting Experiences Of Ex-Military Fathers Diagnosed With Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD). Journal Of Family Studies, 29(5), 2408-2429. https://doi.org/10.1080/13229400.2023.2185160

Syarief, H. H., Arif, E., & Sarmiati, S. (2022). Pengalaman Komunikasi Korban Trauma KDRT (Studi Fenomenologi Java Institute Hypnotherapy Bandung). Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11186-1119. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4216

Utami, P. (2020). Gambaran Post Traumatic Growth Pada Wanita Dewasa Awal yang Mengalami Kekerasan Dalam Berpacaran. Psikoborneo, 8(2), 297-306. http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i2.4914

Yunita, E., & Karneli, Y. (2022). Efektifitas Teknik Dispute Cognitive Untuk Mengurangi Perilaku Nonsuicidal Self-Injury (Studi Kasus Pada Mahasiswi Trauma). COUNSENESIA Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 3(2), 1-7. https://doi.org/10.36728/cijgc.v3i2.1469

Zulfah, R. F., Fitriyah, D. W., & Zuhro' Fitriana, A. Q. (2022). Analisis Dampak Manajemen Konflik Toxic Friendship Pada Santri di Pondok Pesantren Darul Arifin 2. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB), 1(2), 290-299. https://doi.org/10.47233/jemb.v1i2.733

Downloads

Published

2025-01-30

How to Cite

Putri, S., & Komalasari, S. (2025). Analisis Faktor Trauma Dari Pengalaman Toxic Friendship Pada Generasi Z. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 12(01), 38–48. https://doi.org/10.26740/cjpp.v12n01.p38-48
Abstract views: 318 , PDF Downloads: 233

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.