Hubungan antara Kepribadian Proaktif dengan Perilaku Inovatif pada Guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v11i1.61360Keywords:
Guru, kepribadian proaktif, perilaku inovatifAbstract
Guru mempunyai peranan penting di dunia pendidikan sebagai penggerak utama dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui korelasi antara kepribadian proaktif dengan perilaku inovatif pada guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Teknik sampling yang digunakan berupa sampel jenuh yang subjeknya terdiri dari 85 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen skala psikologi dari variabel kepribadian proaktif dan variabel perilaku inovatif. Analisis data yang diterapkan dalam penelitian berupa uji korelasi pearson product moment dengan bantuan software SPSS 25.0 for windows. Hasil analisis data didapatkan bahwa taraf signifikansinya sebesar 0,000 (p<0,05) sehingga dapat dimaknai adanya korelasi yang signifikan antara variabel kepribadian proaktif dengan perilaku inovatif. Nilai koefisien korelasi yang didapatkan yaitu 0,796 (r=0,796) yang artinya hubungan antara variabel kepribadian proaktif dengan variabel perilaku inovatif termasuk kategori yang kuat. Kepribadian proaktif yang semakin tinggi, maka perilaku inovatif yang ditampakkan guru akan tinggi juga, sebaliknya semakin rendah kepribadian proaktif, semakin rendah pula perilaku inovatif guru.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

