Hubungan Antara Meaningful Work Dengan Kesejahteraan Psikologis Pada Guru Sekolah Dasar Non-ASN

Authors

  • Chanif Mulia Wibawa Universitas Negeri Surabaya
  • Diana Rahmasari Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/cjpp.v11i1.61569

Keywords:

Guru Non-ASN, kesejahteraan psikologis, meaningful work

Abstract

Guru merupakan sebuah profesi yang sangat penting bagi pendidikan bangsa, ditunjukkan pada perannya dalam mendidik generasi penerus. Namun, hingga saat ini isu mengenai kesenjangan kesejahteraan guru di Indonesia masih belum terselesaikan sepenuhnya. Khususnya kesenjangan antara tugas pekerjaan dan penghasilan yang diterima oleh guru non-ASN. Untuk itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara meaningful work dengan kesejahteraan psikologis pada guru non-ASN. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif dengan desain cross-sectional. Subjek penelitian ini adalah guru sekolah dasar non-ASN di lokasi penelitian dengan jumlah 70 guru. Teknik pengambilan sampling pada penelitian ini adalah simple random sampling. Instrumen WAMI digunakan untuk mengukur meaningful work (Steger, 2012) dan Instrumen SPWB digunakan untuk mengukur kesejahteraan psikologis (Ryff, 2014). Teknik analisis data yang digunakan adalah pearson product moment. Hasil analisis data menunjukkan nilai korelasi sebesar 0.771 (r=0.771) dengan taraf signifikan 0.000 (p<0.05), sehingga hipotesis penelitian diterima. Selain itu, hasil tersebut menunjukkan hubungan signifikan yang kuat dan searah antara meaningful work dengan kesejahteraan psikologis. Sehingga, dapat dikatakan bahwa semakin tinggi meaningful work, maka semakin tinggi pula kesejahteraan psikologis pada guru sekolah dasar non- ASN.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-07

How to Cite

Wibawa, C. M., & Rahmasari, D. (2024). Hubungan Antara Meaningful Work Dengan Kesejahteraan Psikologis Pada Guru Sekolah Dasar Non-ASN. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 11(1), 506–517. https://doi.org/10.26740/cjpp.v11i1.61569
Abstract views: 236 , PDF Downloads: 114

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.