Pengaruh Academic Self Efficacy terhadap Academic Burnout Pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2020 yang Sedang Mengerjakan Skripsi di Universitas Negeri Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v11n2.p1198-1209Keywords:
Academic self efficacy, academic burnoutAbstract
Abstrak
Pengaruh academic self efficacy terhadap academic burnout adalah sebuah topik yang menarik untuk dibahas dalam konteks psikologi pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh academic self efficacy terhadap tingkat academic burnout pada mahasiswa psikologi Angkatan 2020 yang sedang mengerjakan skripsi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Pengambilan data menggunakan teknik probability. Sampel penelitian ini adalah seluruh mahasiswa psikologi Angkatan 2020 Universitas Negeri Surabaya yang berjumlah 100 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen yang berupa angket terkait academic self efficacy dan academic burnout. Hasil uji regresi linier sederhana yang menghasilkan nilai sebesar -0,236 dengan nilai signifikasi 0,018 (p<0,05). Hasil pengolahan data menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikasi pada academic self efficacy dan academic burnout.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

