ANALISIS PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENERAPAN PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN DAN TANPA BERBANTUAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN DASAR - DASAR PERBANKAN KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 2 BUDURAN

  • ARIEF DAVIS BAGUS S
  • EKO WAHJUDI

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan pembelajaran berbasis Saintifik (Scientific Approach) yang berbantuan dan tanpa berbantuan Mind Mapping pada mata pelajaran dasar-dasar perbankan kelas X Akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian True Eksperimental. Populasi penelitian seluruh kelas X Jurusan Akuntansi semester genap TA 2017/2018. Sampel penelitian yang dipilih secara acak (random) didapat kelas X Ak 1 sebagai kontrol dan kelas X Ak 3 sebagai eksperimen. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menggunakan Saintifik dengan berbantuan Mind Mapping menunjukan progres hasil belajar positif. Dapat dilihat rata-rata raihan posttest dari kedua kelas yaitu pada kelas eksperimen dengan raihan 81.44 sedangkan pada kelas kontrol dengan raihan sebesar 76.61. Hasil uji hipotesis dengan uji statistik Independent Sampel Test menunjukan taraf signifikansi t-test < 0,05 dan diketahui thitung > ttabel (5.232 > 1.994), maka H0 ditolak Ha diterima. Disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara kelas kontrol model pembelajaran berbasis Saintifik tanpa berbantuan Mind Mapping dan kelas eksperimen model pembelajaran Saintifik berbantuan Mind Mapping.

Kata Kunci: mind mapping, saintifik, hasil belajar

Published
2018-10-23
How to Cite
DAVIS BAGUS S, A., & WAHJUDI, E. (2018). ANALISIS PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENERAPAN PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN DAN TANPA BERBANTUAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN DASAR - DASAR PERBANKAN KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 2 BUDURAN. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/25839
Section
Article
Abstract Views: 74
PDF Downloads: 52