ANALISIS PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENERAPAN PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN DAN TANPA BERBANTUAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN DASAR - DASAR PERBANKAN KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 2 BUDURAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan pembelajaran berbasis Saintifik (Scientific Approach) yang berbantuan dan tanpa berbantuan Mind Mapping pada mata pelajaran dasar-dasar perbankan kelas X Akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian True Eksperimental. Populasi penelitian seluruh kelas X Jurusan Akuntansi semester genap TA 2017/2018. Sampel penelitian yang dipilih secara acak (random) didapat kelas X Ak 1 sebagai kontrol dan kelas X Ak 3 sebagai eksperimen. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menggunakan Saintifik dengan berbantuan Mind Mapping menunjukan progres hasil belajar positif. Dapat dilihat rata-rata raihan posttest dari kedua kelas yaitu pada kelas eksperimen dengan raihan 81.44 sedangkan pada kelas kontrol dengan raihan sebesar 76.61. Hasil uji hipotesis dengan uji statistik Independent Sampel Test menunjukan taraf signifikansi t-test < 0,05 dan diketahui thitung > ttabel (5.232 > 1.994), maka H0 ditolak Ha diterima. Disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara kelas kontrol model pembelajaran berbasis Saintifik tanpa berbantuan Mind Mapping dan kelas eksperimen model pembelajaran Saintifik berbantuan Mind Mapping.
Kata Kunci: mind mapping, saintifik, hasil belajar
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 52