PENGEMBANGAN PERMAINAN CHESS ACCOUNTING SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN DAGANG KELAS XI AKUNTANSI DI SMK
Abstract
Pengayaan merupakan kegiatan tambahan yang diberikan guru kepada peserta didik yang telah mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimal (KKM) dalam belajar yang dimaksudkan untuk menambah pengetahuannya dalam materi pelajaran yang telah dicapainya. Salah catu cara yang dapat dilaksanakan dalam kegiatan pengayaan ialah menggunakan bantuan media berupa permainan. Permainan akan menciptakan suasana kegiatan pengayaan yang ada menjadi menarik, aktif dan menyenangkan sehingga meningkatkan semangat dan motivasi siswa dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menghasilkan media pengayaan berupa permainan Chess Accounting pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang yang teruji layak untuk digunakan dalam kegiatan pengayaan dan mendapatkan respon positif dari siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap analysis, desaign, development, implementation, evaluation. Uji coba terbatas dilakukan pada 20 siswa kelas XI akuntansi di SMK Negeri 1 Bangkalan. Instrumen penelitian menggunakan lembar telaah dan validasi para ahli serta angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media pengayaan berupa permainan Chess Accounting memperoleh hasil rata-rata skor validasi ahli materi sebesar 80% dengan kategori layak dan rata-rata skor validasi ahli media sebesar 87,1% dengan kategori sangat layak, sedangkan untuk hasil respon siswa memperoleh rata-rata persentase sebesar 94% dengan kategori siswa sangat paham. Maka disimpulkan bahwa permainan Chess Accounting sebagai media pengayaan pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang dapat digunakan dalam kegiatan pengayaan karena permainan ini sangat layak dan mendapatkan respon bahwa siswa sangat paham mempelajari materi.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

