PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA PADA MATA PELAJARAN PERBANKAN DASAR DI SMK NEGERI 4 SURABAYA

  • YUNIA VITA
  • EKO WAHJUDI

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara yang sudah dilakukan peneliti kepada guru pengampu perbankan dasar diperoleh hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Hal ini terbukti melalui dokumentasi nilai yang menunjukkan bahwa terdapat 44% atau lebih dari 7 siswa memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yakni 75. Masalah ini muncul karena guru belum melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan sintak model pembelajaran Group to Group Exchange (GGE), yakni di tahap pembagian kelompok secara heterogen. Dengan tidak optimalnya pelaksanaan pembelajaran tersebut. Maka peneliti ingin melakukan penelitian kembali dengan penerapan model pembelajaran Group to Group Exchange (GGE) sesuai sintaknya. Hasil penelitian terbukti melalui hasil observasi pelaksanaan pembelajaran simpanan giro mendapatkan presentase sebesar 72% di siklus I dan 90% di siklus II, hasil belajar siswa mendapat presentase sebesar 62,85% di siklus I dan meningkat sebesar 88,57% di siklus II serta respon siswa mendapat respon positif di siklus I sebesar 71,42% dan siklus II sebesar 88,57%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group to Group Exchange (GGE) pada mata pelajaran perbankan dasar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Group to Group Exchange, GGE, Hasil Belajar.



Published
2019-08-08
How to Cite
VITA, Y., & WAHJUDI, E. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA PADA MATA PELAJARAN PERBANKAN DASAR DI SMK NEGERI 4 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/30132
Section
Article
Abstract Views: 183
PDF Downloads: 232