PENGEMBANGAN PERMAINAN KARTU BTS (BID TO SCORE) SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN PADA MATERI AKUNTANSI PIUTANG KELAS XI AKUNTANSI DI SMKN 10 SURABAYA
Abstract
Pengayaan merupakan tambahan pembelajan bagi peserta didik dengan keunggulan dalam belajar ditandai oleh tercapainya kriteria ketuntasan minimum yang dilakukan supaya tersedia kesempatan belajar baru sehingga peserta didik dapat memaksimalkan perkembangan bakat, minat dan kemampuannya. Dalam melakukan aktivitas pengayaan dapat dilakukan melalui berbagai bentuk aktivitas, salah satunya dengan menggunakan media permainan. Tujuan penggunaan permainan adalah untuk memotivasi peserta didik mempelajari kembali materi yang telah dipelajari serta mengembangkan pengetahuan yang dimiliki dengan lebih optimal. Penelitian pengembangan ini menghasilkan permainan kartu BTS (Bid To Score) sebagai media pengayaan pada materi akuntansi piutang yang mengadaptasi dari permainan kartu Lelang Mania. Pengembangan menggunakan model 4D (Define Design, Develop, and Disseminate) dari Thiagarajan tanpa tahap Disseminate. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar telaah dan validasi ahli dan respon peserta didik dengan hasil validasi oleh ahli materi sejumlah 84,2%, validasi oleh ahli media sejumlah 96,6% dengan kategori “sangat layak” dan respon peserta didik sejumlah 85% dengan kategori “sangat memahami”. Berdasarkan hasil validasi dan respon peserta didik, produk penelitian dalam pengembangan ini dinyatakan “sangat layak”.
Kata Kunci: pengembangan, media pengayaan, bid to score, akuntansi piutang.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 107