PENGEMBANGAN PERMAINAN KARTU BTS (BID TO SCORE) SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN PADA MATERI AKUNTANSI PIUTANG KELAS XI AKUNTANSI DI SMKN 10 SURABAYA

  • Achmad Syaiful Adi Nugroho
  • JONI SUSILOWIBOWO

Abstract

Pengayaan merupakan tambahan pembelajan bagi peserta didik dengan keunggulan dalam belajar ditandai oleh tercapainya kriteria ketuntasan minimum yang dilakukan supaya tersedia kesempatan belajar baru sehingga peserta didik dapat memaksimalkan perkembangan bakat, minat dan kemampuannya. Dalam melakukan aktivitas pengayaan dapat dilakukan melalui berbagai bentuk aktivitas, salah satunya dengan menggunakan media permainan. Tujuan penggunaan permainan adalah untuk memotivasi peserta didik mempelajari kembali materi yang telah dipelajari serta mengembangkan pengetahuan yang dimiliki dengan lebih optimal. Penelitian pengembangan ini menghasilkan permainan kartu BTS (Bid To Score) sebagai media pengayaan pada materi akuntansi piutang yang mengadaptasi dari permainan kartu Lelang Mania. Pengembangan menggunakan model 4D (Define Design, Develop, and Disseminate) dari Thiagarajan tanpa tahap Disseminate. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar telaah dan validasi ahli dan respon peserta didik dengan hasil validasi oleh ahli materi sejumlah 84,2%, validasi oleh ahli media sejumlah 96,6% dengan kategori “sangat layak” dan respon peserta didik sejumlah 85% dengan kategori “sangat memahami”. Berdasarkan hasil validasi dan respon peserta didik, produk penelitian dalam pengembangan ini dinyatakan “sangat layak”.

Kata Kunci: pengembangan, media pengayaan, bid to score, akuntansi piutang.

Published
2019-08-14
How to Cite
Syaiful Adi Nugroho, A., & SUSILOWIBOWO, J. (2019). PENGEMBANGAN PERMAINAN KARTU BTS (BID TO SCORE) SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN PADA MATERI AKUNTANSI PIUTANG KELAS XI AKUNTANSI DI SMKN 10 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/30268
Section
Article
Abstract Views: 85
PDF Downloads: 107