PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERUPA MODUL SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA MATERI LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN JASA DI SMK NEGERI 2 BUDURAN SIDOARJO
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, dan respon siswa terhadap bahan ajar berupa modul sebagai pendukung pembelajaran saintifik pada materi laporan keuangan perusahaan jasa di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan menurut Thiagarajan yaitu model 4D (four D Models). Pengembangan 4-D terdiri dari 4 tahap yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun dalam hal ini peneliti hanya melakukan sampai pada tahap pengembangan (develop) saja dikarenakan keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya. Berdasarkan hasil analisis modul yang divalidasi oleh validator sesuai dengan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yang meliputi 4 komponen kelayakan yaitu 84,3% untuk kelayakan isi dengan kategori sangat layak, 85,4% untuk kelayakan penyajian dengan kategori sangat layak, 90,0% untuk kelayakan bahasa dengan kategori sangat layak, 88,0% untuk kelayakan kegrafikan dengan kategori sangat layak. Sehingga diperoleh rata-rata persentase sebesar 86,9% dengan kategori sangat layak. Untuk respon siswa diperoleh ratarata persentase sebesar 93,3% dengan kategori sangat kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berupa modul sebagai pendukung pembelajaran saintifik pada materi laporan keuangan perusahaan jasa di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo memiliki kriteria sangat layak digunakan sebagai bahan ajar.
Kata Kunci: Modul, Laporan Keuangan Perusahaan Jasa, Pembelajaran Saintifik
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 1145