PEMBELAJARAN YANUS TARI DI AKADEMI ANGKATAN LAUT BUMI MORO SURABAYA

  • Kamila Tri Noviyanti Universitas Negeri Surabaya
  • Warih Handayaningrum Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Yanus Tari, Pembelajaran Tari Kecak

Abstract

Yanus adalah kegiatan pengembangan diri di luar jam pembelajaran Kadet (Mahasiswa) sebagai upaya pembentukan karakter atau kepribadian Kadet. Kegiatan Yanus juga sebagai wadah yang disediakan oleh satuan pendidikan Akademi Angkatan Laut untuk menyalurkan bakat, minat, hobi dan kreatifitas Kadet. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran Yanus tari di Akademi Angkatan Laut Bumi Moro Surabaya. Untuk mendeskripsikan hal tersebut, maka peneliti menganalisis 2 (dua) rumusan terkait proses serta hasil dari pembelajaran Yanus tari di Akademi Angkatan Laut Bumi Moro Surabaya. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara serta dokumentasi dengan teknik analisis data melalui 3 (tiga) tahapan yakni, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Yanus tari berjalan dengan sangat baik. Hal tersebut didukung oleh hasil pembelajaran Yanus tari sebagai bentuk evaluasi dari proses pembelajaran yang telah berlangsung. Penyajian hasil pembelajaran tersebut berupa angka terhadap penilaian tes praktik yang telah dilakukan. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan terhadap 4 (empat) aspek penilaian yaitu aspek hafalan gerak, aspek teknik gerak, aspek kesesuaian gerak dengan musik dan aspek ekspresi diperoleh diperoleh nilai rata-rata sebanyak 89,75 (delapan puluh sembilan koma tujuh puluh lima) dengan kriteria baik sekali.

Published
2020-08-26
How to Cite
Noviyanti, K., & Handayaningrum, W. (2020). PEMBELAJARAN YANUS TARI DI AKADEMI ANGKATAN LAUT BUMI MORO SURABAYA. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 9(2), 167-179. https://doi.org/10.26740/jps.v9n2.p167-179
Section
Articles
Abstract Views: 288
PDF Downloads: 154