Hubungan antara Optimisme dengan Kesejahteraan Subjektif pada Guru Yayasan X

Authors

  • Putri Prabasari Nuswantari Universitas Negeri Surabaya
  • Umi Anugerah Izzati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/cjpp.v12n01.p428-439

Keywords:

Optimisme, Kesejahteraan Subjektif, Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara optimisme dengan kesejahteraan subjektif pada guru tetap yang bekerja di lingkungan Yayasan X. Optimisme merupakan sikap positif individu dalam menghadapi berbagai situasi kehidupan, sedangkan kesejahteraan subjektif mengacu pada evaluasi individu terhadap kebahagiaan dan kepuasan dalam hidupnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, di mana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang guru tetap. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala optimisme dan skala kesejahteraan subjektif yang disusun oleh peneliti berdasarkan teori yang relevan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 27.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara optimisme dengan kesejahteraan subjektif pada guru. Artinya, semakin tinggi tingkat optimisme yang dimiliki guru, maka semakin tinggi pula tingkat kesejahteraan subjektif yang dirasakan. Temuan ini menunjukkan pentingnya pengembangan sikap optimis dalam mendukung kesejahteraan psikologis guru di lingkungan kerja pendidikan.

Abstract

This study aims to determine the relationship between optimism and subjective well-being in permanent teachers working in the X Foundation environment. Optimism is a positive attitude of individuals in dealing with various life situations, while subjective well-being refers to an individual's evaluation of happiness and satisfaction in his life. This study uses a quantitative approach with a correlational method. The sampling technique used is a saturated sample, where the entire population is used as a sample. The sample in this study amounted to 100 permanent teachers. The instruments used in this study are optimism scale and subjective well-being scale compiled by researchers based on relevant theories. Data analysis was carried out using the help of SPSS software version 27.0 for Windows. The results showed that there is a positive and significant relationship between optimism and subjective well-being in teachers. That is, the higher the level of optimism that teachers have, the higher the level of subjective well-being felt. This finding shows the importance of developing an optimistic attitude in supporting the psychological well-being of teachers in the educational work environment.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akkuş Çutuk, Z. (2021). Mediating Role of Optimism in The Relationship Between Self-Compassion and Subjective Well-Being. Journal of Human Sciences, 18(2), 185–198. https://doi.org/10.14687/jhs.v18i2.6139

Astuti, N. W., & Nurwidawati, D. (2023). Hubungan Work Life Balance dengan Subjective Well-Being Pada Mahasiswa Yang Bekerja Part-Time Di Surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi, 10(03), 122–144. https://doi.org//10.26740/cjpp.v10i03.54197

Azwar, S. (2021). Penyusunan Skala Psikologi (3rd ed.). Pustaka Pelajar.

Compton, W. C., & Hoffman, E. (2013). Positive Psychology: The Science of Happiness and Flourishing 2nd edition. (2nd ed.). Wadsworth.

Dewanti, A. D. P., & Ayriza, Y. (2022). Pengaruh Optimisme Terhadap Kesejahteraan Subjektif pada Mahasiswa yang Mengerjakan Tugas Akhir. Acta Psychologia, 3(2), 119–126. https://doi.org/10.21831/ap.v3i2.43405

Diener, E., Scollon, C. N., & Lucas, R. E. (2009). The Evolving Concept of Subjective Well-Being: The Multifaced Nature of Happines. In Springer. https://doi.org/10.1007/978-90-481-2354-4

Eddington, N., & Shuman, R. (2008). Subjective Well-Being ( Happiness ). In Continuing Psychology Education (Issue 858). Contiuing Education Hours.

Eid, M., & Larsen, R. J. (2008). The Science of Subjective Well Being. The Guilford Press.

Fachrisa, M. B., & Budiani, M. S. (2024). Hubungan antara Subjective Well Being dengan Turnover Intention pada The Relationship Between Subjective Well Being and Turnover Intention in. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 11(01), 481–490. https://doi.org/doi.org/10.26740/cjpp.v11i1.61574

Garvin, G., & Putri, R. A. (2021). The Relationship Between Optimism and Subjective Well-Being in Covid-19 Pandemic Context. Proceedings of the International Conference on Economics, Business, Social, and Humanities (ICEBSH 2021), 570, 80–83. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210805.012

Gomes, S. A., & Izzati, U. A. (2021). Hubungan Antara Optimisme Dengan Subjective Wll-Being Pada Karyawan. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(4), 1-13. https://doi.org/doi.org/10.26740/cjpp.v8i4.41167

Hernanda, I., Sofiah, D., & Muslikah, E. D. (2022). Kesejahteraan Psikologis pada Tenaga Pengajar : Menguji Peranan Rasa Syukur dan Keseimbangan Kehidupan - Kerja. INNER: Journal of Psychologica Research, 2(3), 221–231.

Masambe, O. L., & Purnawinadi, I. G. (2024). Hubungan Efikasi Diri dan Optimisme dengan Kesejahteraan Subjektif Mahasiswa Keperawatan Tahun Pertama. Nutrix Journal, 8(1), 39–47. https://doi.org/10.37771/nj.v8i1.1077

Nur’aeni, N., Suwartono, T., Septiningsih, D. S., & Wahidah, F. R. N. (2024). The Parenting Plan, Optimism, and Subjective Well-Being Among Mothers of Children with Intellectual Disability. Kasetsart Journal of Social Sciences, 45(2), 597–604. https://doi.org/10.34044/j.kjss.2024.45.2.26

Pavot, W., & Diener, E. (2004). The Subjective Evaluation of Well-Being in Adulthood: Findings and Implications. Ageing International, 29(2), 113–135. https://doi.org/10.1007/s12126-004-1013-4

Qothrunnada, N. (2023). Gambar Kesejahteraan Subjektif Remaja dengan Orang Tua Bercerai (Studi Deskriptif di Wilayan Jakarta Timur). Insight : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 12(1), 55–65. https://doi.org/10.21009/INSIGHT.121.07

Seligman, M. E. P. (2006). Learned Optimism : How To Change Your Mind And Your Life (First Vint).

Yıldız, M. A., Aksan, A. T., & Duy, B. (2024). Multiple Mediation of Optimism and Self-Esteem in the Relationship between Irrational Beliefs and Subjective Well-Being. Journal of Rational - Emotive and Cognitive - Behavior Therapy, 43(1), 1–21. https://doi.org/10.1007/s10942-024-00574-x

Yuiin, K., Agung, A. A. G., & Dantes, K. R. (2024). Dampak Dukungan Sosial, Optimisme, Religius, dan Harga Diri Terhadap Kesejahteraan Subyektif Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(1), 95–109. https://doi.org/10.23887/jippg.v7i1.73524

Zalki, R., & Juniarly, A. (2023). Optimisme dan Kesejahteraan Subjektif Pada Pengangguran Dewasa Muda. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 14(1), 79–89. https://doi.org/10.26740/jptt.v14n1.p79-89

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Nuswantari, P. P., & Izzati, U. A. (2025). Hubungan antara Optimisme dengan Kesejahteraan Subjektif pada Guru Yayasan X . Character Jurnal Penelitian Psikologi, 12(01), 428–439. https://doi.org/10.26740/cjpp.v12n01.p428-439
Abstract views: 35 , PDF Downloads: 3

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.