Hubungan Antara Meaningful Work Dengan Kesejahteraan Psikologis Pada Guru Sekolah Dasar Non-ASN
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v11i1.61569Keywords:
Guru Non-ASN, kesejahteraan psikologis, meaningful workAbstract
Guru merupakan sebuah profesi yang sangat penting bagi pendidikan bangsa, ditunjukkan pada perannya dalam mendidik generasi penerus. Namun, hingga saat ini isu mengenai kesenjangan kesejahteraan guru di Indonesia masih belum terselesaikan sepenuhnya. Khususnya kesenjangan antara tugas pekerjaan dan penghasilan yang diterima oleh guru non-ASN. Untuk itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara meaningful work dengan kesejahteraan psikologis pada guru non-ASN. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif dengan desain cross-sectional. Subjek penelitian ini adalah guru sekolah dasar non-ASN di lokasi penelitian dengan jumlah 70 guru. Teknik pengambilan sampling pada penelitian ini adalah simple random sampling. Instrumen WAMI digunakan untuk mengukur meaningful work (Steger, 2012) dan Instrumen SPWB digunakan untuk mengukur kesejahteraan psikologis (Ryff, 2014). Teknik analisis data yang digunakan adalah pearson product moment. Hasil analisis data menunjukkan nilai korelasi sebesar 0.771 (r=0.771) dengan taraf signifikan 0.000 (p<0.05), sehingga hipotesis penelitian diterima. Selain itu, hasil tersebut menunjukkan hubungan signifikan yang kuat dan searah antara meaningful work dengan kesejahteraan psikologis. Sehingga, dapat dikatakan bahwa semakin tinggi meaningful work, maka semakin tinggi pula kesejahteraan psikologis pada guru sekolah dasar non- ASN.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

