Perbedaan Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik SMA Melalui Problem Based Learning dan Inkuiri Terbimbing
Keywords:
Kemampuan literasi numerasi, Problem based learning, Inkuiri terbimbingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan literasi numerasi siswa melalui PBL dan inkuiri terbimbing. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan Nonequivalent-Control Group Design. Penelitian ini dengan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diberikan pretest berupa instrumen tes literasi numerasi. Kemudian untuk kelompok eksperimen akan diberikan perlakuan pembelajaran berbasis masalah dan kelompok kontrol akan diberikan pembelajaran inkuiri terbimbing. Pada tahap akhir, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol akan diberikan posttest berupa instrumen tes literasi numerasi. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perbedaan kemampuan literasi numerasi pada pembelajaran PBL lebih unggul pada kemampuan memprediksi dan mengambil keputusan. Sedangkan, kemampuan literasi numerasi pada pembelajaran inkuiri terbimbing lebih unggul pada kemampuan menganalisis informasi visual.
Downloads
References
Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (B. Mejia, Ed.; 9th ed.). McGraw-Hill
OECD. (2023b). PISA 2022 Results (Volume I). OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en.
Kemdikbud. (2023, March 20). Apa itu Literasi dan Numerasi?. Retrieved from Https://Ditpsd.Kemdikbud.Go.Id/Artikel/Detail/Apa-Itu-Literasi-Dan-Numerasi.
Simamora, N. N., Astalini, A., & Darmaji, D. (2022). Analisis Kebutuhan Mahasiswa terhadap E-modul Fisika Matematika. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(1), 1–7.
Sokhifah, N. L., & Oktaviani, R. N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas IV SD Kyai Rodliyah Surabaya. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 9(2).
Somantri, D. (2021). Abad 21 Pentingnya Kompetensi Pendagogik Guru. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 18(02), 2.
Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Prestasi Pustaka.
Wiyata, S., & Suwartini, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Numerasi Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11 (4), 3843.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 charia, Woro Setyarsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
Abstract views: 4
,
PDF Downloads: 1



