PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) SEBAGAI PENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATERI TAHAP PELAPORAN UNTUK SISWA KELAS XII AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 JOMBANG

  • EVI TRI PERMATA SARI
  • JONI SUSILOWIBOWO

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) pada materi tahap pelaporan perusahaan manufaktur untuk siswa kelas XII Akuntansi di SMK Negeri 1 Jombang agar dapat memudahkan dalam memahami materi bagi peserta didik maupun guru saat kegiatan pembelajaran di kelas. Tujuan lain dari penelitian ini yaitu dapat mengetahui kelayakan dan respon peserta didik terhadap LKPD pratikum akuntansi perusahaan manufaktur yang sudah dikembangkan. Model penelitian yang digunakan yaitu model pengembangan 4D yang meliputi: tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Namun, tahap penyebaran tidak lakukan.

Hasil penelitian ini menunjukan perolehan hasil presentase dari kelayakan materi adalah 81,22% dengan kriteria sangat layak. Kelayakan bahasa adalah 97,14% dengan kriteria sangat layak dan kelayakan kegrafikan adalah 86,21% dengan kriteria sangat layak. Sehingga rata-rata komponen kelayakan LKPD adalah 88,19% dengan kriteria sangat layak. Adapun hasil respon peserta didik memperoleh presentase sebesar 86,07% dengan kriteria sangat memahami. Maka dari hasil di atas dapat diambil kesimpulan LKPD sebagai pendukung implementasi kurikulum 2013 pada materi tahap pelaporan perusahaan manufaktur sangat layak digunakan sebagai bahan ajar saat kegiatan pembelajaran dikelas.

Kata Kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), Kurikulum 2013, Pratikum Akuntansi Perusahaan Manufaktur.

Abstract

This development research aims to develop teaching materials in the form of a worksheet to support implementation of 2013 curriculum in material reporting manufactur companies for class XII accounting student in SMK Negeri 1 Jombang in order to make it easier to understand the material for students and teachers during learning activities in classroom. This research also has other objectives, namely to be able to determine the feasibility and response of students to the worksheet in subject of manufactur accounting practices that have been developed. This development model in this worksheet uses a 4D development model which includes: the defining phase, the design phase, the development phase, and the deployment phase. However, the deployment stage does not do.

The results of this study show that the results obtained from the percentage of material feasibility are 81.22% with very feasible criteria. This Language feasibility is 97.14% with very feasible criteria and the feasibility of graphics is 86.21% with very feasible criteria. So, that the average component of the feasibility of worksheet is 88.19% with very feasible criteria. The results of the response of students obtained a percentage of 86.07% with very understand criteria. So, from the results above it can be concluded that the worksheet to support implementation of 2013 curriculum in material reporting manufactur companies are very feasible to be used as teaching materials when learning activities in the classroom.

Keywords: Worksheet, 2013 Curriculum, Manufactur Accounting Practices

Published
2019-10-10
How to Cite
TRI PERMATA SARI, E., & SUSILOWIBOWO, J. (2019). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) SEBAGAI PENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATERI TAHAP PELAPORAN UNTUK SISWA KELAS XII AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 JOMBANG. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/30717
Section
Article
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 51