Hubungan antara Modal Psikologis dengan Kesiapan Kerja pada Mahasiswa

Authors

  • Salsabila Azky Universitas Negeri Surabaya
  • Olievia Prabandini Mulyana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/cjpp.v11n2.p1098-1114

Keywords:

kesiapan kerja, modal psikologis, mahasiswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya persoalan keberagaman kesiapan kerja mahasiswa. Penelitian ini dilakukan guna mencari tahu hubungan antara modal psikologis dengan kesiapan kerja pada mahasiswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini yakni metode kuantitatif. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan subjek penelitian berjumlah 225 mahasiswa non kependidikan Universitas Negeri Surabaya yang sedang menjalankan magang pada semester genap 2023/2024 dengan masa magang minimal tiga bulan. Penelitian ini menggunakan skala modal psikologis serta kesiapan kerja. Analisis pada penelitian ini menggunakan korelasi Pearson Product Moment yang memiliki koefisien korelasi senilai 0.882 (r = 0.882) serta nilai signifikansi 0.000 (p < 0.05). Berdasar data tersebut ditemukan bahwasanya terdapat hubungan antara modal psikologis dengan kesiapan kerja pada mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Semakin tinggi modal psikologis yang dimiliki, juga semakin tinggi kesiapan kerja pada mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modal psikologis berperan penting dalam meningkatkan kesiapan kerja mahasiswa.

Kata kunci : Kesiapan Kerja, Modal Psikologis, Mahasiswa

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-05-17

How to Cite

Azky, S., & Mulyana, O. P. (2024). Hubungan antara Modal Psikologis dengan Kesiapan Kerja pada Mahasiswa. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 11(2), 1098–1115. https://doi.org/10.26740/cjpp.v11n2.p1098-1114
Abstract views: 457 , PDF Downloads: 289

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >> 

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.